Jakarta (ANTARA News) - Puncak peringatan ESQ Leadership Center di usia ke-10 pada 16 Mei 2010 ditandai berbagai kegiatan, termasuk berkumpulnya sekitar 100 ribu alumni bersama masyarakat umum di Jakarta untuk tujuan membangkitkan optimistis bangsa.

Pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian di Jakarta, Kamis, menjelaskan, ESQ tidak akan pernah lelah memberi pelatihan (training) kepada masyarakat untuk menanamkan tujuh budi utama ESQ yaitu jujur, tanggung jawab, visoner, disiplin, kerja sama, adil dan peduli.

Kini alumni ESQ sudah mencapai sekitar 800 ribu orang yang tersebar di dalam negeri maupun di negara lain, termasuk sekitar 100 ribu guru dan warga binaan.

Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah mengikuti pelatihan, begitu juga kalangan pejabat negara, pejabat pemerintah daerah BUMN serta perguruan tinggi dan karyawan perusahaan swasta.

Di tengah maraknya sorotan publik kepada kepolisian, ESQ memberi pelatihan kepada petinggi Mabes Polri dan kepolisian daerah. Menurut Ary Ginanjar, 750 reserse polisi telah mengikuti pelatihan.

Pelatihan ESQ ini untuk menggugah kesadaran mengenai kebahagiaan yang hakiki dan arti serta tujuan dari hidup ini. "Training ESQ adalah sebuah awal bangkitnya kesadaran spiritual dalam diri seseorang," kata Ary.

Kebahagiaan spiritual adalah ketika seseorang mampu memaknai untuk apa manusia diciptakan, apa tujuan hidup dan mau ke mana manusia kelak. Berbeda dengan kebahagiaan fisik dan kebahagiaan emosional yang selalu ingin "memperoleh", kebahagiaan spiritual justru membuat seseorang ingin selalu "memberi".

ESQ Leadership Center adalah lembaga manajemen pengembangan sumber daya manusia, yaitu membangun karakter dengan memadukan secara sinergitas antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual menggunakan metode The ESQ Way 165.

Terkait peringatan 10 tahun ESQ, sekitar 100 ribu alumni bersama masyarakat umum bertemu di Lapangan Monas Jakarta pada Minggu (16/5) mulai pukul 06.00 WIB. Selanjutnya, mereka yang seluruhnya mengenakan kaos putih dengan jalan santai menuju Bundaran HI.

Pertemuan alumni ESQ ini juga akan diisi dengan tausiah oleh Ary Ginanjar Agustian sekaligus penandatanganan tujuh budi utama. Pertemuan alumni ini sebagai sebuah momentum untuk membangkitkan optimistis bangsa.
(S023/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010