Surabaya (ANTARA News) - Persib Bandung memastikan lolos ke babak delapan besar Piala Indonesia, setelah menahan imbang Persebaya tanpa gol pada laga terakhir babak 16 besar Grup K di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya, Kamis.

Tim berjuluk "Maung Bandung" itu menempati posisi kedua di klasemen akhir dengan nilai lima, di bawah Persebaya yang sudah lebih dulu meraih tiket delapan besar dengan nilai tujuh.

Dengan hasil imbang tersebut, laga kedua yang mempertemukan Persibo Bojonegoro dengan Bontang FC pada pukul 19.00 WIB, tidak lagi berpengaruh.

Persibo yang mengoleksi nilai satu sebenarnya masih memiliki kesempatan lolos, seandainya Persib kalah dari Persebaya.

"Saya tidak pernah menginstruksikan anak-anak untuk main aman, tapi memang kondisi mereka cukup kelelahan. Hasil imbang ini sudah cukup bagi kami untuk lolos ke delapan besar," kata pelatih Persib Robby Darwis usai pertandingan.

Laga Persebaya melawan Persib yang disaksikan sekitar 27 ribu penonton itu, berlangsung sangat membosankan dan tanpa greget.

Tidak banyak peluang yang diciptakan kedua tim Liga Super tersebut sejak babak pertama dan agaknya keduanya sengaja tidak terlalu memaksakan untuk meraih kemenangan.

Persib Bandung turun "full team" di laga tersebut dengan menempatkan duet Christian Gonzales dan Airlangga Sucipto di lini depan. Kemudian Hariono dan Eka Ramdani bekerja di tengah, serta Christian Martinez dan Nova Arianto di belakang.

Sementara Persebaya memasang beberapa pemain pelapis yang sebelumnya lebih banyak dicadangkan, seperti Wimba Sutan, Taufik Angga dan Satrio Syam.

"Pertandingan memang cukup membosankan, tapi itulah hasil maksimal yang bisa didapat anak-anak," kata pelatih Persebaya Rudy William Keeltjes.

Ia mengaku sengaja menyimpan sejumlah pemain pilarnya untuk persiapan menghadapi laga lanjutan Liga Super Indonesia ke kandang Persipura Jayapura dan Persiwa Wamena akhir pekan ini.(*)

(T.D010/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010