Liga Belanda

Menang 2-1 atas Heracles, AZ Alkmaar masih belum terkalahkan

Menang 2-1 atas Heracles, AZ Alkmaar masih belum terkalahkan

Penyerang AZ Alkmaar Myron Boadu (kanan) dan rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Ajax dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion AFAS, Alkmaar, Belanda, Minggu (15/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/AFP/ANP/Olaf Kraak)

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar masih belum terkalahkan hingga laga kesembilan mereka di Liga Belanda setelah menang 2-1 atas tuan rumah Heracles Almelo dalam laga yang berlangsung di Stadion Erve Asito pada Minggu.

Kemenangan tersebut membuat AZ selalu merebut poin penuh dalam empat laga beruntun setelah lima laga awal mereka berakhir imbang. AZ kini berada di posisi tujuh dengan mengoleksi 17 poin.

AZ menjadi satu di antara dua tim yang belum merasakan kekalahan hingga pekan ke-10 selain Feyenoord, yang saat ini berada di posisi ketiga.

Bagi Heracles Almelo kekalahan tersebut membuat mereka bergeming di urutan 15 dengan torehan delapan poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Feyenoord petik cuma satu poin ketika lawan FC Utrecht di kandang

Meski bertindak sebagai tim tamu, nyatanya AZ tampil dominan sepanjang laga. Gelandang mereka mampu menahan serangan agar bola tidak masuk ke area kotak penalti. Hal itu dilihat dari catatan statistik Heracles yang melepaskan hanya tiga percobaan tendangan.

AZ langsung tampil menekan sejak awal laga, dua tendangan dari Owen Wijndal dan Calvin Stengs mengancam gawang Heracles yang dijaga Michael Brouwer.

Gol pembuka bagi AZ terjadi di penghujung babak pertama melalui titik putih setelah Myron Boadu dijatuhkan Robin Propper di dalam kotak penalti. Kapten AZ Teun Koopmeiners yang menjadi eksekutor sukses menyarangkan bola ke gawang.

Tiga menit berselang tepatnya pada menit ke-44, Boadu menggandakan keunggulan. Menerima umpan silang Teun Koopmeiners, ia yang berdiri tanpa pengawalan langsung melepaskan sepakan ke sudut sempit.

Satu-satunya peluang emas yang berbuah gol didapatkan Heracles pada menit ke-75. Dari situasi bola mati, Lucas Schoofs menerima umpan silang matang dan menyelesaikannya lewat sepakan setengah voli.

Sejak gol balasan tersebut AZ langsung mengambil alih permainan. Sejumlah peluang berbahaya diciptakan namun hingga wasit meniup peluit panjang skor 2-1 untuk kemenangan AZ atas tuan rumah Heracles Almelo tetap bertahan.

AZ berpeluang memperpanjang rekor tak terkalahkan musim ini saat menjamu Groningen pada pekan berikutnya. Sementara Heracles akan menantang salah satu tim kuat Feyenoord pada Minggu.

Baca juga: Gasak Emmen 5-0, Ajax makin kokoh di puncak
Baca juga: Menang 2-0 atas Fortuna Sittard, Vitesse jaga jarak dari Ajax

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar