Dhaka (ANTARA News/AFP) - Bangladesh akan mengirim satuan perwira polisi yang keseluruhannya perempuan untuk pertama kali pada misi penjaga perdamaian PBB guna membantu pembangunan kembali Haiti yang dilanda gempa.

"Batalion penjaga perdamaian perempuan yang memiliki 110 anggota itu akan terbang ke Haiti pada 15 Mei," kata juru bicara polisi Shyamol Kumar Mukharjee kepada AFP.

"Kami akan menjadi negara kedua setelah India, yang akan mengerahkan satuan penjaga perdamaian yang semuanya perempuan," jelasnya. Ia menambahkan bahwa negaranya senang akan dapat membantu upaya pembangunan kembali pasca gempa.

Negara Asia Selatan itu setuju untuk mengirim penjaga perdamaian tambahan ke Haiti, Januari, ketika PBB minta bantuan setelah gempa yang sangat kuat itu melanda.

Seratus lagi penjaga perdamaian laki-laki akan dikerahkan pada 19 Mei, dan akan bergabung dengan tim beranggota 20 anggota yang telah berada di Haiti, Mukharjee menambahkan.

Bangladesh, yang memberikan sumbangan terbesar kedua pada misi penjaga perdamaian PBB setelah Pakistan, memiliki 1.600 lebih polisi yang sekarang ini dikerahkan di tujuh negara, termasuk Sudan, Timor Timur, Pantai Gading dan Liberia.

Sejak 1989, ketika pasukan kepolisian Bangladesh pertama kali mengirim para perwiranya pada misi penjaga perdamaian PBB, di Namibia, jumlah seluruh polisi yang bertugas di luar negeri sebanyak 6.369 orang. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010