Wapres minta Forum Zakat berikan pinjaman pemulihan pascapandemi

Wapres minta Forum Zakat berikan pinjaman pemulihan pascapandemi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres)

Peran Forum Zakat Dunia untuk turut memperkuat ekonomi Islam juga sangat diperlukan, terutama dalam mendorong pemanfaatan sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk memberikan modal kerja bagi pelaku usaha
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Forum Zakat Dunia ikut berperan dalam memulihkan ekonomi, khususnya ekonomi Islam, yang terpuruk akibat pandemi COVID-19, dengan memanfaatkan layanan pembiayaan alternatif kepada pelaku usaha.

"Peran Forum Zakat Dunia untuk turut memperkuat ekonomi Islam juga sangat diperlukan, terutama dalam mendorong pemanfaatan sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk memberikan modal kerja bagi pelaku usaha," kata Ma’ruf Amin dalam acara World Zakat Forum 2020 International Conference secara virtual dari Jakarta, Senin.

Wapres mengatakan krisis ekonomi global saat ini berbeda dari krisis sebelumnya, dimana kali ini berdampak besar pada sektor riil yang menyebabkan pengurangan aktivitas produksi dan investasi, sehingga berimbas pada pengurangan jumlah tenaga kerja.

Krisis ekonomi sebelumnya, lanjut Wapres, selalu diawali dengan krisis di sektor finansial yang mengakibatkan berkurangnya likuiditas, sehingga pembiayaan dari perbankan menjadi terhambat dan berdampak pada investasi.

Baca juga: Wapres harap vaksin tak hanya jangkau negara kuat

Baca juga: Wapres minta ulama-ormas Islam sosialisasi pentingnya vaksin COVID-19


"Tapi dalam krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 ini, justru sektor riil terdampak lebih dahulu. Di sektor rumah tangga, masyarakat mengurangi atau menunda aktivitas ekonomi seperti konsumsi, kecuali konsumsi untuk bahan pokok," ujarnya menjelaskan.

Perlambatan ekonomi akibat krisis saat ini berakibat pula pada penurunan daya beli masyarakat, khususnya yang terdampak pengurangan tenaga kerja.

"Dampaknya makin berat karena daya beli masyarakat juga akan berkurang sehingga pelambatan ekonomi tidak bisa dihindari. Inilah yang mengakibatkan terjadinya krisis di sektor riil," tutur-nya.

Oleh karena itu, Pemerintah dalam hal pemulihan ekonomi nasional (PEN) memberi perhatian lebih kepada sektor usaha, khususnya mikro dan kecil, supaya dapat mendorong perbaikan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri, kata Ma’ruf.

"Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tidak hanya difokuskan pada kesehatan, tetapi juga untuk memberikan perlindungan sosial kepada mereka yang terdampak, serta memberikan dukungan kepada dunia usaha termasuk usaha mikro dan kecil," ujarnya.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wapres minta masyarakat antisipasi COVID-19 gelombang ketiga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar