Medan (ANTARA News) - Pengurus Provinsi PSSI Sumatera Utara mulai melakukan seleksi terhadap 120 pemain bola wanita yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Kejuraan Nasional Sepak Bola Wanita di Jakarta, 17-23 Juli 2010.

Tim Pelatih dan Pembina Bakat, Suryanto Herman, di Medan, Minggu, mengatakan minat pesepak bola wanita untuk mengikuti penjaringan itu cukup tinggi, terbukti mereka yang berkumpul di lapangan bola TD Pardede Jalan Binjai KM 22 relatif banyak.

Seleksi tersebut, menurut dia, berlangsung selama dua hari, yakni 16-17 Mei 2010. Dan, mereka ditangani oleh pelatih yang berpengalaman, seperti Taufik Asari dan Subono.

"Pelatih itu adalah mantan pemain PSMS (Persatuan Sepak Bola Medan Sekitarnya, red.)," katanya.

Dia mengatakan penjaringan terhadap calon tim sepak bola wanita Sumut itu cukup ketat karena Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumut berharap dapat memperoleh pemain berkualitas, tangguh, dan diharapkan mampu berbicara di kejunas tersebut.

"Sumut akan mengirimkan pemain yang mampu bersaing dengan tim sepak bola dari Jabar, Jateng, dan daerah lainnya," kata Suryanto mantan Pelatih PSMS Medan pada era 1980-an itu.

Ia menyebutkan dari ratusan pemain wanita yang menjalani seleksi itu akan dijaring sebanyak 30 pemain. Selanjutnya, 30 pemain yang terpilih itu akan menjalani latihan selama satu bulan.

"Tim sepak bola wanita Sumut diharapkan bisa tampil baik pada ajang kejurnas tersebut," katanya.

Ketika ditanya mengenai pemain sepak bola wanita di Sumut, Suryanto mengatakan pada zaman dahulu daerah ini memiliki tim sepak bola wanita yang tangguh, namun belakangan ini tidak ada lagi.

Bahkan, kata dia, tim bola wanita Sumut itu sering mengikuti Liga Sepak Bola Wanita yang diadakan di Tanah Air.

"Sumut saat ini mulai kembali membangkitkan pemain bola wanita sehingga bisa mengikuti berbagai kejurnas," kata Suryanto menegaskan. (M034/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010