Jakarta (ANTARA) - Keputusan buruk manajer Ole Gunnar Solksjaer yang tidak cepat mengganti Fred pada babak kedua memberi jalan kepada Paris Saint-Germain untuk menang 3-1 atas Manchester United pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford sehingga perebutan tiket 16 besar dari Grup H menjadi semakin ketat.

MU, PSG, dan RB Leipzig kini sama-sama memiliki poin sembilan sehingga penentuan siapa yang berhak melanggeng ke babak 16 besar bakal berlangsung hingga pekan pamungkas, demikian catatan resmi UEFA.

Pada pekan terakhir Manchester United akan bertandang ke markas RB Leipzig, sementara PSG diprediksi menang mudah karena hanya melawan Istanbul Basaksehir yang sudah dipastikan gugur di Paris.

Pada awal-awal laga PSG langsung menampilkan permainan menyerang. Baru enam menit berjalan Neymar memaksa De Gea memungut bola lebih cepat. Berawal dari sepakan Mbappe yang diblok, bola muntah mengarah ke Neymar untuk diselesaikan lewat sepakan ke sudut kiri gawang.

MU yang hanya tinggal memerlukan satu poin lebih menunggu serangan pada awal-awal laga.  Alessandro Florenzi menciptakan peluang berbahaya. Sepakan kerasnya di luar kotak penalti masih bisa ditepis De Gea. Setelah laga berjalan 15 menit, MU baru bermain terbuka dan mengurung pertahanan PSG.

Baca juga: Olivier Giroud borong empat gol saat Chelsea cukur Sevilla 4-0

Serangan bergelombang MU itu berbuah hasil pada menit 32. Sepakan Marcus Rashford dari luar kotak penalti membentur kaki Diallo, bola kemudian berubah arah dan menggetarkan jala gawang PSG.

Tiga menit babak kedua berjalan, MU memiliki peluang emas untuk berbalik unggul. Sayang sontekan Anthony Martial menerima umpan matang Rashford lewat skema serangan balik cepat malah melambung ke atas mistar gawang.

Cavani hampir saja menjebol gawang bekas klubnya. Sayang sontekannya membentur mistar gawang Keylor Navas. Bola muntah yang kemudian dikuasai Martial dan langsung melepaskan sepakan terhadang bek PSG.

Begitu pula dengan peluang Marquinhos. Sundulannya menerima umpan silang Neymar membentur tiang luar gawang De Gea. Peluang itu menjadi yang pertama bagi PSG di babak kedua.

Tak lama setelah peluang itu, Marquinhos kemudian mencatatkan namanya di papan skor berkat sontekannya menerima umpan Abdou Diallo hasil kemelut di dalam kotak penalti.

Baca juga: Atasi Rennes, Krasnodar kunci posisi ketiga Grup E Liga Champions

Petaka bagi Setan Merah saat harus menyelesaikan laga dengan 10 pemain pada menit ke-70. Fred mendapat kartu kuning kedua setelah dianggap melanggar Ander Herrera dalam situasi perebutan bola.

Fred sebelumnya beruntung tidak mendapatkan kartu merah pada babak pertama tapi ketika bahkan komentator pertandingan memperkirakan Fred bakal ditarik pada babak kedua, Solskjaer malah tetap memainkan gelandang Brasil yang kerap melakukan tekel-tekel sembrono itu.

Sebelum Fred diusir keluar lapangan MU beberapa kali nyaris menyamakan kedudukan dan menekan PSG yang tampak hanya mengandalkan pergerakan Neymar dan Mbappe.  Setelah Fred diusir keluar lapangan, PSG menjadi di atas angin namun MU sempat beberapa kali menciptakan peluang.

Solksjaer juga membuat blunder dengan memasukkan Odion Ighalo sehingga timpang di sayap kanan setelah Aaron Wan Bissaka ditarik.

Akibatnya pada penghujung laga, Neymar membuat kedudukan menjadi 3-1. Lewat serangan balik cepat, Rafinha mengirim umpan ke Neymar yang tinggal menceploskan bola untuk menyempurnakan kemenangan 3-1 PSG.

Baca juga: Leipzig rawat asa 16 besar sambil akhiri kiprah Basaksehir

Susunan pemain kedua tim:
Macnhester United:
David de Gea; Victor Lindelof, Harry Maguire, Wan-Bissaka (Odion Ighalo), Telles; Fred, Scott McTominay; Bruno Fernandes, Anthony Martial (Greenwood), Marcus Rashford (Paul Pogba), Cavani (Van De Beek).
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

PSG (4-3-3): Keylor Navas; Alessandro Florenzi (Thilo Kehrer), Abdou Diallo (Idrissa Gueye), Presnel Kimpembe, Marquinhos; Danilo Pereira, Marco Verratti (Rafinha), Paredes (Ander Herrera); Kylian Mbappe, Neymar, Moise Kean (Mitchel Bakker)
Pelatih: Thomas Tuchel MaDavid de Gea; Victor Lindelof, Harry Maguire, Wan-Bissaka (Odion Ighalo), Telles; Fred, Scott McTominay; Bruno Fernandes, Anthony Martial (Greenwood), Marcus Rashford (Paul Pogba), Cavani (Van De Beek).
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020