Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund memastikan lolos ke fase gugur Liga Champions setelah imbang 1-1 melawan Lazio pada pertandingan Grup F di Signal Iduna Park, Dortmund,  Kamis dini hari WIB.

Hasil itu membuat Dortmund tetap memuncaki klasemen grup dengan koleksi sepuluh poin, sedangkan Lazio tertahan pada posisi kedua dengan sembilan poin, demikian catatan laman  UEFA.

Dortmund yang tidak memainkan Erling Haaland memaksa Lazio bertahan pada fase awal pertandingan. Sepakan Thorgan Hazard menghasilkan tendangan sudut, sebelum Lazio balas menyerang lewat Ciro Immobile yang dihentikan Manuel Akanji.

Tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-44 melalui gol Raphael Guerreiro. Diawali sapuan lemah kiper Pepe Reina, bola dikuasai Hazard yang menyodorkan umpan terobosan untuk diselesaikan Guerreiro.

Lazio menggebrak setelah turun minum. Sepakan Luis Alberto sempat terlihat akan mengancam gawang Dortmund, namun bola melambung di atas mistar.

Baca juga: Kalahkan MU 3-1, PSG perketat perebutan tiket 16 besar

Penyerang Dortmund Giovanni Reyna balas mengancam saat menerima umpan terobosan dari Marco Reus namun sepakan mendatarnya bisa dimentahkan kiper Reina.

Beberapa saat berselang giliran kiper Dortmund Roman Buerki yang harus bekerja keras mempertahankan gawangnya setelah menahan tembakan keras Immobile sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Tim tamu mendapat hadiah penalti pada menit ke-67 setelah Nico Schulz melanggar Sergej Milinkovic- Savic. Eksekusi penalti dengan musul diselesaikan Immobile. Itu adalah gol keempat Immobile dalam Liga Champions musim ini.

Brugge pelihara asa lolos

Club Brugge memelihara asa lolos dari Grup F setelah menang 3-0 atas tamunya Zenit St Peterseburg pada pertandingan yang dimainkan dalam waktu yang bersamaan dengan laga Dortmund kontra Lazio.

Brugge kini mengoleksi tujuh poin pada posisi ketiga dan secara matematis masih berpeluang menyalip Lazio. Sedangkan Zenit sudah pasti memainkan pertandingan terakhir sebagai formalitas setelah hanya menduduki posisi terbawah dengan satu poin.

Baca juga: Barcelona dan Juventus serempak menang 3-0 di laga kelima Grup G

Tim Belgia itu membuka keunggulan pada menit ke-33. Bek Zenit Danila Prokhin gagal menyapu bola dengan sempurna dari area pertahanan timnya, dan bola kemudian tertuju ke jalur pergerakan Charles De Ketelaere, yang meneruskannya dengan sepakan keras menembus gawang tim tamu.

Wasit menghadiahkan tendangan penalti kepada Brugge pada menit ke-58 setelah Daler Kuyzaev melanggar De Ketelaere di kotak terlarang. Algojo Brugge Hans Vanaken melepaskan sepakan penalti akurat ke sisi kanan gawang Zenit saat kiper Mikhail Kerzhakov bergerak ke arah sebaliknya.

Gol penutup untuk memastikan kemenangan Brugge tercipta pada menit ke-73. Ruud Vormer merebut bola di area pertahanan Zenit, dan mengoperkannya kepada Emmanuel Dennis di sisi kanan. Ia kemudian berlari ke depan, sebelum mengirimkan umpan silang mendatar untuk dikuasai Noa Lang dan dituntaskan dengan sepakan ke sudut jauh gawang lawan.

Lazio dan Brugge akan berhadapan langsung pada pertandingan terakhir mereka Rabu pekan depan. Sedangkan Dortmund akan melawan Zenit pada pertandingan yang sudah tidak menentukan pekan depan.

Baca juga: Olivier Giroud borong empat gol saat Chelsea cukur Sevilla 4-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020