Teh peppermint bantu redakan sakit kepala hingga membuat napas segar

Teh peppermint bantu redakan sakit kepala hingga membuat napas segar

Ilustrasi teh peppermint. (http://blog.act.id)

Jakarta (ANTARA) - Selama ribuan tahun, daun peppermit digunakan untuk penyedap rasa ataupun obat karena memiliki khasiat bagi tubuh dan cara penyajian yang populer adalah sebagai teh.

Teh peppermint dibuat dengan memasukkan daun peppermint ke dalam air panas. Daunnya mengandung beberapa minyak esensial, seperti mentol, menthone, dan limonene yang dilepaskan saat direndam dalam air panas.

Minyak esensial ini akan memberi teh peppermint rasa yang menyegarkan, mendinginkan sekaligus manfaat yang luar biasa. Berikut adalah beberapa khasiat dari teh peppermint, dilansir Boldsky, Kamis.

1. Meredakan masalah pencernaan

Peppermint telah lama digunakan sebagai obat untuk masalah pencernaan, seperti gas, kembung, dan sakit perut. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa peppermint melemaskan sistem pencernaan dan dapat meredakan sakit perut. Oleh karena itu, minum teh peppermint dapat meredakan masalah pencernaan.

2. Membuat napas segar

Peppermint digunakan sebagai penyegar napas untuk mencegah bau mulut, oleh karena itu digunakan sebagai obat kumur, pasta gigi dan permen karet. Peppermint memiliki sifat antibakteri yang membantu membunuh bakteri penyebab penyakit plak gigi dan gusi serta membantu menjaga napas tetap segar.

Baca juga: Teh chamomile efektif bantu tidur, benarkah?

Baca juga: Ilmuwan: secangkir teh bisa redakan stress


3. Mengurangi hidung tersumbat

Teh peppermint dapat membantu meningkatkan aliran udara ke hidung jika Anda sedang mengalami hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu dan alergi.

Ini karena peppermint mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan flu dan infeksi saluran pernapasan bagian atas lainnya. Menghirup uap dari teh peppermint, yang mengandung mentol dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

4. Meredakan sakit kepala

Minum teh peppermint dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan nyeri akibat sakit kepala. Peppermint mengandung mentol yang membantu meningkatkan aliran darah dan memberikan sensasi dingin yang membantu mengurangi rasa sakit.

5. Meningkatkan energi

Minum teh peppermint dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Karena peppermint mengandung mentol, menghirup aroma dari teh peppermint akan membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari.

6. Meredakan nyeri haid

Beberapa penelitian menunjukkan keefektifan ekstrak peppermint dalam meredakan nyeri haid. Peppermint mengandung mentol yang dapat membantu meredakan nyeri haid dan kram, oleh karena itu meminum teh peppermint dapat mengurangi nyeri haid.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Teh peppermint bebas kafein, jadi meminumnya sebelum tidur akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Selain itu, peppermint berperan sebagai pelemas otot, yang berarti mengonsumsi teh peppermint akan membantu mengendurkan otot Anda, sehingga membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Kurang populer, teh putih simpan segudang khasiat

Baca juga: Manfaat teh dandelion untuk tulang hingga liver

Baca juga: Kopi versus teh, benarkah punya manfaat gizi sama?

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Teh Hijau langka dengan beragam khasiat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar