Srinagar (ANTARA News/AFP) - Dua tentara India tewas ditembak dan tiga yang lain terluka Selasa di perbatasan de fakto yang membagi Kashmir antara India dan Pakistan.

Serangan itu terjadi Selasa malam di Garis Kontrol (LOC) di distrik Poonch di Kashmir selatan, kata jurubicara militer India Biplab Nath pada AFP.

"Kendaraan kami yang bergerak dari sebuah pos ke pos lainnya di LOC telah diserang, menewaskan dua tentara," jelasnya. Ia menambahkan, tiga tentara yang lain luka-luka.

"Kami sedang berupaya untuk memastikan apakah serangan itu datang dari lintas LOC, atau dilakukan oleh gerilyawan yang menyelinap."

Beberapa pejabat keamanan telah memperingatkan mengenai kemungkinan eskalasi kekerasan setelah militer India menyatakan bulan lalu, 400 gerilyawan bersiap untuk melintas ke Kashmir India dari bagian Pakistan dari wilayah Himalaya yang diperselisihkan itu.

Perlawanan terhadap pemerintah India di wilayah itu telah menyebabkan lebih dari 47.000 orang tewas menurut hitungan resmi, sejak perlawanan itu meletus pada 1989.

Kekerasan menurun setelah India dan Pakistan melancarkan proses perdamaian pada 2004, tapi sejak awal 2010 serangan gerilyawan meningkat.

India dan Pakistan, yang telah melakukan dua dari tiga kali perang mereka karena Kashmir yang sebagian besar penduduknya Muslim, menguasai sebagian tapi mengklaim seluruh wilayah itu.

Mereka menyepakati gencatan senjata di Garis Kontrol pada 2003. Sejak itu, ada bentrokan-bentrokan kecil sporadis, dengan kedua belah pihak menuduh pihak lainnya telah melanggar gencatan senjata itu. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010