Bandarlampung (ANTARA News) - Universitas Lampung (Unila) mengukuhkan suami-istri, Purnomo dan Ainin Niswati, pengajar Fakultas Pertanian, menjadi guru besar, pada Sidang Terbuka Senat Universitas Lampung, di Bandarlampung, Rabu.

Prof. Dr. Ir. Purnomo, M.S, Guru Besar Ilmu Hama Tumbuhan pada Fakultas Pertanian Unila, menyampaikan pidato ilmiahnya berjudul "Pengendalian Hama Melalui pengelolaan Agroekosistem".

Menurut pria kelahiran Tanjungkarang 13 Juni 1964 itu, pengendalian hama tanaman tidak sesederhana atau tidak identik dengan penyemprotan insektisida, namun jauh lebih kompleks daripada itu.

Pengendalian hama, lanjutnya, dapat menggunakan berbagai cara lain, dan yang lebih penting adalah pengelolaan agroekosistem yang baik dengan memperhatikan kaidah ekologis agar berperan bagi pencegahan eksplosi hama.

Sedangkan istrinya, Prof. Dr. Ir. Ainin Niswati, M.S., M.Agr.Sc. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang ilmu/Mata kuliah Biologi Tanah Fakultas Pertanian Unila.

Pada pidato ilmiahnya berjudul " Potensi Sumber Daya Biota Tanah Sebagai Agensi Pupuk Hayati yang Ramah Lingkungan", Ainin menjelaskan, sumber daya tanah yang maha hebat untuk menunjang kehidupan manusia harus terus diberdayakan.

"Pemanfaatan organisme dari dalam tanah sebagai agensi pupuk hayati untuk memicu peningkatan serapan unsur hara dan mengefisienkan pemupukan merupakan tindakan tepat dalam menjawab permasalahan kebutuhan manusia akan sandang, pangan, papan dan energi (biofuel) manusia," katanya. (*)

T013/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010