NBA

Pistons rekrut LiAngelo, tiga Ball bersaudara tembus NBA

Pistons rekrut LiAngelo, tiga Ball bersaudara tembus NBA

Foto arsip - Pebasket Los Angeles Lakers Lonzo Ball (kiri) menyemangati adiknya LiAngelo yang tengah mengikuti pemanasan fisik bersama Lakers jelang NBA Draft 2018 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 29 Mei 2018. (ANTARA/AFP/GETTY IMAGES/Jayne Kamin-Oncea)

Jakarta (ANTARA) - Detroit Pistons dikabarkan telah merekrut LiAngelo Ball, menandai keberhasilan tiga Ball bersaudara sukses menembus NBA.

LiAngelo sepakat menandatangani kontrak semusim tanpa jaminan dengan Pistons, demikian laporan kolumnis The Athletics, Shams Charania, pada Kamis WIB.

LiAngelo merupakan adik dari pemain New Orleans Pelicans, Lonzo Ball, dan kakak dari LaMelo Ball yang dalam NBA Draft 2020 kemarin menjadi rekrutan ketiga dengan dipilih oleh Charlotte Hornets.

Ball bersaudara mendapat sorotan ketika ayah mereka, LaVar Ball, kerap sesumbar ke media jelang NBA Draft 2017 bahwa ketiga anaknya suatu saat akan sama-sama memperkuat Los Angeles Lakers.

Sayangnya, sorotan yang diarahkan dari pernyataan-pernyataan bombastis LaVar kerap kali mengalihkan perhatian dari upaya Ball bersaudara membangun reputasi di atas lapangan.

Baca juga: Lonzo Ball bahagia tinggalkan Lakers

Lonzo mewujudkan pernyataan ayahnya dengan sukses dipilih Lakers sebagai rekrutan kedua NBA Draft 2017, tetapi dua tahun kemudian ia hanya jadi bagian paket barter yang dikirim ke New Orleans Pelicans bersama Josh Hart dan Brandon Ingram demi mendapatkan Anthony Davis menyeberang ke arah berlawanan.

Karier LiAngelo terganggu ketika ia dan dua temannya tertangkap mencuri di China pada 7 November 2017, beberapa hari jelang membela tim UCLA menghadapi Georgia Tech dalam laga pembuka musim NCAA (liga olahraga tingkat universitas).

Akibat tindakannya itu LiAngelo dicoret dari beasiswa basket UCLA dan ia diselamatkan LaVar diboyong ke klub Lithuania, Prienai, bersama adiknya LaMelo, sebagai upaya memenuhi syarat mengikuti NBA Draft 2018.

Namun, dalam NBA Draft 2018, nama LiAngelo tak diminati tim mana pun dan sekali lagi LaVar menyelamatkannya dengan menciptakan sebuah liga setara tingkat universitas Juniors Basketball Association, yang hanya berlangsung semusim saja.

Pada Desember 2019, LiAngelo sempat menandatangani kontrak sebagai pemain latihan Oklahoma City Blue --tim Liga G NBA yang terafiliasi dengan Thunder-- tetapi tak pernah tampil di pertandingan kompetitif.

Baca juga: Timberwolves pilih Edwards dari Georgia sebagai draf pertama NBA

Sementara sang adik, LaMelo, sukses menembus tiga besar NBA Draft 2020 dengan direkrut Hornets dan mungkin punya masa depan setidaknya secerah Lonzo, LiAngelo mendapat memulai karier profesionalnya lagi di Pistons.

Di Pistons kontrak LiAngelo juga disertai klausul Exhibit 10, yakni klausul kontrak nilai minimum berdurasi setahun yang bisa disertai bonus nilai tertentu.

Bukan tidak mungkin LiAngelo harus lebih dulu membuktikan kemampuannya dengan membela tim afiliasi Piston di Liga G NBA, Grand Rapids Drive.

Baca juga: Rockets sepakat lepas Russell Westbrook ke Wizards dibarter John Wall
Baca juga: Curry dan Durant berhadapan dalam laga pembuka NBA
Baca juga: LeBron James teken kontrak dua tahun di Lakers

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar