Teheran,(ANTARA News) - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad Senin menyampaikan ucapan selamat kepada HAMAS atas kemenangannya dalam perang melawan Israel, kata laporan kantor berita IRNA.

"Hari ini dimulainya kemenangan itu, dan semuanya akan dituntaskan dengan kemenangan," kata Ahmadinejad kepada pimpinan HAMAS di pengasingan Khaled Meshaal dalam percakapan per telepon, kata laporan itu.

Negara Islam Iran, dia menambahkan, akan berupaya untuk menekan rezim Zionis agar mundur sepenuhnya, membuka pintu-pintu penyeberangan perbatasan, mengupayakan menjadikan Zionis sebagai penjahat perang, memutus hubungan dengan rezim tersebut dan memboikot barang-barang yang dihasilkannya serta barang-barang produksi negara-negara pendukungnya."

Pasukan Israel Senin mulai menarik diri dari Gaza setelah menghentikan agresi 22 harinya yang mematikan terhadap HAMAS di wilayah Palestina itu.

Pemimpin senior HAMAS Ismail Haniya mengatakan, perang dengan Israel yang menewaskan lebih dari 1.300 warga Palestina berakhir dengan suatu kemenangan besar.

Iran adalah pendukung gerakan Islam HAMAS, yang menguasai Jalur Gaza, dan tidak mengakui negara Israel yang menjadi musuh bebuyutannya.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009