Jakarta (ANTARA News) - Badan Tim Nasional (BTN) telah mengajukan nama-nama calon pemain timnas yang diproyeksikan untuk memperkuat Tim Merah Putih pada ajang Piala AFF ke PSSI.

Ketua BTN Iman Arief di Jakarta, Jumat mengatakan, jumlah pemain yang diajukan sebanyak 46 nama seperti yang ditetapkan bersama PSSI beberapa waktu lalu.

"Hari ini kami telah mengirimkan surat pada PSSI yang berisi nama-nama calon pemain timnas. Untuk nama detailnya kami belum bisa mempublikasikan," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, dengan ditentukannya nama 46 calon pemain timnas, pihaknya meminta PSSI untuk segera mengirimkan surat kepada klub-klub tempat calon pemain bernaung.

Selanjutnya, kata dia, ke 46 pemain tersebut akan menjalani proses pemanduan bakat (talent scouting) guna menentukan siapa yang layak untuk memperkuat timnas dan akan menjalani pelatihan jangka panjang.

"Talent scouting sesuai dengan jadwal dilakukan di dua kota yaitu Jakarta dan Makassar. Masing-masing kota akan menyeleksi 23 pemain," katanya menambahkan.

Seleksi ditujukan bagi calon pemain timnas yang akan turun pada Piala AFF awal Desember nanti. Sesuai jadwal, seleksi pertama digelar 2-3 Juni di Makassar dan 6-7 Juni di Jakarta.

Selanjutnya 22 pemain terpilih akan menjalani pelatihan jangka panjang mulai 14 Agustus - 1 Desember dan akan ditangani langsung oleh Alfred Riedl.

Pemain timnas di era kepelatihan Benny Dolo, Bambang Pamungkas mengaku dengan adanya pelatih baru maka sistem penyeleksian pemain dipastikan akan berbeda dibandingkan dengan sebelumnya.

"Peluang saya untuk kembali masuk timnas cukup besar. Tapi saya tidak berandai-andai dulu. Yang jelas jika diberi kesempatan saya akan maksimalkan," katanya saat dikonfirmasi.

Timnas Indonesia yang akan diturunkan pada Piala AFF adalah gabungan antara pemain senior dan U-23. Pemain senior yang selama ini memperkuat timnas selain Bambang di antaranya adalah Markus Horison (k), Nova Arianto, Ricardo Salampessy, Boaz Salossa dan Hariono.

Sedangkan mantan timnas U-23 yang berpeluang lolos adalah Yongki Ari Wibowo, Dendi Santoso, Tony Sucipto, Rahmat Latief, Djayusman Triasdi dan Stevie Bonsapia.(*)

(T.B016/I007/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010