Sepak Bola Dunia

Maradona akan terpampang di uang kertas Argentina

Maradona akan terpampang di uang kertas Argentina

Sebuah layar menampilkan foto mendiang legenda sepak bola Diego Maradona dan ucapan Terima kasih untuk Sang Legenda "1960 - tak terhingga" sebelum pertandingan Copa Diego Maradona antara Boca Juniors melawan Newell's Old Boys di Stadion La Bombonera, Buenos Aires, Argentina, Senin (30/11/2020) dini hari. ANTARA FOTO/Alejandro Pagni/Pool via REUTERS/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Seorang senator Argentina mengusulkan untuk memampang gambar Diego Maradona pada uang kertas negara itu, dan sang senator mempresentasikan proyek itu kepada Kongres pada hari Senin atau Selasa WIB.

Dalam usulan dia, gambar Maradona, atau mungkin gambar 'Tangan Tuhan' , akan ada pada uang kertas bernilai 1.000 peso.

Uang kertas itu, bernilai sekitar $ 12,27 dengan nilai tukar hari Senin, akan menampilkan wajah Maradona di satu sisi dan gambar salah satu golnya yang paling terkenal di sisi lain, kata sponsor RUU tersebut, Senator Norma Durango.

Baca juga: Nama Maradona diusulkan menjadi nama jalan

Dua gol paling terkenal Maradona terjadi di perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris. Maradona mencetak gol yang pertama dengan meninju bola melewati kiper Inggris Peter Shilton dan yang kedua dengan menggiring bola melewati tujuh pemain Inggris untuk mencetak gol yang masih dianggap sebagai salah satu gol terhebat sepanjang masa.

Argentina memenangi Piala Dunia dengan serangkaian penampilan luar biasa Maradona, yang meninggal pada 25 November karena serangan jantung pada usia 60 tahun.

Menurut Durango, ide meletakkan gambar Maradona di uang kertas 1.000 peso itu tidak sekedar sebagai bentuk penghormatan bagi sang legenda, tetapi juga punya tujuan kepentingan ekonomi.

Baca juga: Napoli lanjutkan kenang Maradona dengan kemenangan besar 4-0 atas Roma

“Idenya bukan hanya untuk mengenali idola terpenting kita, tetapi juga memikirkan pertanyaan ekonomi,” kata Durango.

"Kami merasa bahwa ketika turis datang ke sini, mereka ingin membawa 'Maradona' bersama mereka," katanya seperti dikutip Reuters.

Meskipun tidak jelas mana salah satu dari dua gol yang akan ditampilkan, beberapa orang Argentina marah saat memikirkan gol 'Tangan Tuhan' yang ditampilkan dalam dokumen resmi pemerintah karena dapat dilihat sebagai memaafkan ilegalitas.

Baca juga: Diego Maradona menjadi nama liga sepak bola Argentina

Senator untuk provinsi La Pampa itu mengatakan, keputusan akhir akan dibuat oleh anggota parlemen, yang diharapkan mendengar proposalnya awal tahun depan.

"Idenya adalah untuk mengenali Maradona, untuk kebaikan dan keburukan, siapa orang Argentina paling terkenal di dunia," kata Durango.

"Saya merasa proyek ini mendapat tanggapan yang bagus meskipun beberapa orang tidak setuju dengan itu."

Uang kertas Argentina 1.000 peso saat ini menampilkan burung nasional, Rufous Hornero.

Baca juga: Dokter pribadi Maradona diduga lakukan "pembunuhan tak disengaja"

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mengenang mendiang Maradona dengan lukisan mosaik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar