Samarinda (ANTARA News) - Tim Persisam Putra Samarinda Mengalahkan Persebaya Surabaya 3-1 (1-0) pada lanjutan Indonesia Super Liga (ISL) di Stadion Segiri Samarinda, Rabu.

Tiga gol yang mengantarkan kemenangan Persisam di cetak oleh Ronald Fagundes pada menit ketiga, Pipat Tonkhanya (54), dan Danilo Fernando (59). Gol balasan Persebaya dicetak oleh Andik Firmansyah pada menit ke-64.

Tuan rumah yang mendapatkan dukungan ribuan suporternya, tampil begitu agresif sejak babak pertama dimulai. Melalui serangan yang cepat tuan rumah menciptakan peluang melalui tendangan bebas.

Tendangan bebas ini bermula dari aksi Fandi Mochtar menusuk jantung pertahanan Persebaya dijatuhkan oleh pemain Persebaya, beberapa meter di luar garis penalti.

Ronald Fagudes sebagai algojo tendangan bebas mampu memanfaatkan kesempatan dan menciptakan gol pertama untuk tuan rumah.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah berusaha menggandakan keunggulannya, meski tim tamu Persebaya juga berupaya menyamakan skor.

Kali ini giliran Pipat Tonkanya sebagai eksekutor, memanfaatkan umpan Ronal Fagundes pemain asal Thailand itu bisa memperbesar keunggulan tuan rumah pada menit 54.

Berselang lima menit, giliran Danilo Fernando memaksa Sayfudin penjaga gawang Persebaya, memungut bola untuk ketiga kalinya. Tendangan keras Danilo dengan memutar badannya gagal di antisipasi oleh Syafudin.

Ketinggalan tiga gol, tak membuat semangat pemain Persebaya luntur, Justru anak asuh Rudi W Keljes ini terus menaikkan tempo serangan.

Melalui serangan balik yang cepat Andik Firmansyah berhasil memanfaatkan umpan silang Patricio Morales dan dengan tandukan yang terarah di sudut kiri mengecoh Mukti Ali Raja penjaga gawang Persisam Putra.

Namun semangat tim Persebaya untuk mengejar ketinggalannya pupus oleh habisnya waktu pertandingan.

Tambahan waktu dua menit tetap memaksa skor keunggulan 3-1 untuk tuan rumah Persisam.(*)
(KR-RMT/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010