Los Angeles (ANTARA News) - Acara penobatan Lee DeWyze sebagai juara "American Idol" 2010 Rabu (26/5) sekaligus menjadi acara perpisahan Simon Cowell salah satu juri yang meninggalkan kontes menyanyi itu mulai musim depan.

Pembawa acara American Idol Ryan Seacrest menyebut kepergian Cowell sebagai akhir dari jaman, sementara Paula Abdul mantan juri American Idol mengaku senang pernah bekerja dengan Cowell.

"Sayangku Simon. Saya sudah bekerja dengan banyak orang bertahun-tahun tetapi tidak satu pun diantara mereka yang sebanding denganmu," kata Abdul.

"Saya menyukai segala kesenangan yang pernah kita alami. American Idol tidak akan sama lagi tanpa anda. Tetapi yang bisa saya katakan kepada anda, itu akan tetap berjalan," katanya pula.

Abdul meninggalkan American Idol tahun lalu karena bermasalah dengan kontrak. Abdul bersama Cowell dan Randy Jackson merupakan juri American Idol sejak musim pertama di tahun 2002.

Dengan perginya Cowell dan Abdul hanya Jackson yang masih bertahan, dia ditemani Kara DioGuardi yang menjadi juri sejak tahun 2009 dan Ellen DeGeneres bergabung musim ini.

Para pemenang American Idol sejak tahun 2002 Kelly Clarkson sampai pemenang tahun 2009 Kris Allen tampil di panggung menyanyikan "Together We Are One", sebagai penghormatan atas jasa Cowell yang mengantar mereka menjadi bintang.

"Saya tidak mengira menjadi begitu emosional. Saya akan jujur, sejujurnya saya merindukan anda," kata Cowell setelah menyaksikan cuplikan video peristiwa terlucu dan komentar paling menghina yang diucapkannya.

Pengunduran diri Cowell diumumkan pada Januari tahun ini. Dia meninggalkan American Idol musim ini untuk meluncurkan acara pencarian bakat "The X-Factor" versi Amerika di stasiun televisi Fox musim gugur tahun 2011. Pengganti Cowell masih belum diumumkan.
(ENY/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010