Nunukan (ANTARA) - Hari H pemungutan suara atau pencoblosan pasangan Bupati-Wakil Bupati Nunukan dan Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara ditemukan surat suara tanpa gambar pasangan calon di tempat pemungutan suara (TPS) 29 Kelurahan Nunukan Timur, Kabupaten Nunukan.

Surat suara tersebut diketahui oleh seorang pemilih saat berada di bilik suara sehingga langsung melaporkan kepada petugas TPS di RT O2 Kelurahan Nunukan Timur.

Ketua KPU Nunukan Rahman di Nunukan, Rabu, mengatakan surat suara yang tidak bergambar tersebut bisa diganti dari surat suara cadangan yang disediakan setiap TPS.

Baca juga: Minimalisir golput, TPS 23 Nunukan Tengah sediakan makanan gratis
Baca juga: KPU Nunukan prioritaskan pengiriman logistik pilkada ke perbatasan
Baca juga: Ratusan warga binaan lapas di Bali ikut mencoblos dalam Pilkada 2020


Ia juga mengaku kecolongan atas adanya surat suara tanpa gambar paslon di TPS, padahal pada saat penyortiran telah dilakukan pemilahan secara seksama dan teliti.

Namun Rahman katakan, menjadi pengalaman dan evaluasi atas kejadian ini maka ke depannya. Hanya saja, Rahman mengatakan tidak menjadi masalah karena surat suara cadangan telah disediakan apabila ada kejadian seperti ini.

Sementara itu, dalam perhelatan pilkada serentak ini, Pilkada Kabupaten Nunukan diikuti oleh dua pasang calon yaitu Danni Iskandar-Muhammad Nasir dan Hj Asmin Laura Hafid-H Hanafiah.

Sementara Pilkada Kaltara diikuti tiga pasangan calon yaitu Zainal A Paliwang-Yansen TP, H Udin Hianggio-Undunsyah, dan Irianto Lambrie-Irwan Sabri.
 

Pewarta: Rusman
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020