Wapres serahkan Penghargaan Upakarti dan IGDS Tahun 2020

Wapres serahkan Penghargaan Upakarti dan IGDS Tahun 2020

Tangkapan layar - Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan Penghargaan Upakarti dan IDGS Tahun 2020 secara virtual, Kamis (10-12-2020). ANTARA/Fransiska Ninditya.

Pemerintah memberikan perhatian lebih pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan Penghargaan Upakarti, yakni penghargaan tertinggi dari Pemerintah kepada perusahaan dan individu dalam bidang industri, dan Indonesia Good Design Selection atau Seleksi Desain Terbaik Indonesia (IDGS), yang pada tahun ini diselenggarakan secara virtual, Kamis.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf menyampaikan apresiasi kepada para penerima penghargaan karena telah ikut secara aktif dalam upaya pembangunan dan pemberdayaan industri kecil dan menengah di Indonesia.

"Semoga penghargaan ini dapat menambah semangat untuk terus berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan industri kecil dan menengah," kata Ma’ruf Amin dalam acara penganugerahan yang disiarkan langsung dari Jakarta, Kamis.

Menurut Wapres, kondisi pandemi COVID-19 telah memukul perekonomian Indonesia dan berdampak pada pengurangan tenaga kerja di berbagai sektor industri.

Baca juga: Kemenperin pacu IKM bikin desain produk yang menarik lewat kompetisi

Krisis ekonomi akibat pandemi berdampak besar pada sektor riil, yakni lebih dari 80 persen usaha kecil dan menengah mengalami penurunan penjualan hingga lebih dari 20 persen.

Oleh karena itu, Pemerintah memberikan perhatian lebih pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang secara keseluruhan mendapat alokasi dana sebesar Rp695,2 triliun.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Penghargaan Upakarti Tahun 2020 diberikan kepada 10 penerima yang terbagi atas dua kategori, yakni Jasa Pengabdian dan Jasa Kepeloporan.

"Dari total 151 usulan peserta Penghargaan Upakarti, telah ditetapkan 10 penerima penghargaan yang terdiri atas lima penerima kategori Jasa Pengabdian dan lima penerima kategori Jasa Kepeloporan," kata Agus Gumiwang.

Penerima penghargaan Upakarti Jasa Pengabdian ialah Soetomo Kaoem (Industri Tekstil dan Serat Alam), Afif Syakur (Kerajinan Batik), Kartika Kusumastuti (Industri Makanan), Novri Hertini (Kerajinan Batik), dan Siti Saharia Mahindar (Industri Makanan).

Baca juga: Tingkatkan mutu desain produk industri, Kemenperin gelar IGDS 2020

Penerima penghargaan Upakarti Jasa Kepeloporan adalah PT Efrata Retailindo (Industri Garmen), Pertenunan Hedayat Sutra (Industri Pertenunan), PT Pangan Sari Utama Food Resources (Industri Makanan), UD Rizqi Agung (Industri Makanan dan Minuman), dan CV Cocoon Asia (Industri Furniture).

Sementara itu, IGDS 2020 diberikan kepada 40 penerima penghargaan Design Product, yang terbagi atas kategori Good Design (19 produk), Best 20 (16 produk), People’s Choice (satu produk), Best Three (tiga produk), dan Grand Award (satu produk).

Selain itu, IGDS 2020 juga diberikan kepada empat penerima penghargaan Design Concept dengan kategori Best Three (tiga produk) dan Grand Award (satu produk).

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar