Berlin (ANTARA News/Reuters) - Vitali Klitschko mengalahkan penantangnya Albert Sosnowsi melalui TKO babak ke-10 pada Sabtu waktu setempat, sekaligus mengakiri tantangan petinju Polandia yang mengincar menjadi petinju pertama negara itu yang menjuarai kelas berat.

Klitschko memastikan mempertahankan gelar WBC ketika pertarungan dihentikan pada babak ke-10.

Petinju berusia 38 tahun asal Ukraina itu mendominasi pertarungan sejak ronde pertama, dan petinju Polandia itu terpaksa harus berjuang keras dengan melancarkan pukulan ke badan lawan setelah dia sulit menjangkau kepala lawannya yang memiliki jauh lebih tinggi badan darinya.

"Albert telah memberikan segalanya...namun pengalaman bertarung sangat penting," kata Klitschko kepada 60.000 penonton yang menyaksikan di stadion sepakbola Sxchalke 04 di Gelsenkirchen, Jerman.

Pukulan kombinasi Klitschko tidak mampu dibendung oleh Sosnowski sehingga petinju Polandia dia harus mencium kanvas.

Dengan hasil kemenangan itu Klitschko kemungkinan akan bertemu dengan petinju Inggris David Haye yang memegang sabut gelar WBA. Sementara itu saudaranya Vitali yaitu Vladimir adalah pemegang gelar WBO, IBF dan IBO.

"Saya punya pukulan kuat di tangan kiri saya, saya berharap bisa bertarung lagi secepat mungkin, saya akan lihat siapa yang akan menjadi lawan saya, mungkin David Haye," katanya.

Klitschko mengatakan bahwa dirinya akan senang jika dirinya ataupun saudaranya bisa menghadapi Haye di ring.

Dengan kemenangan itu maka kini Klitschko memiliki rekor 40 kemenangan dan dua kali kalah.

(Uu.SYS/A020/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010