Wapres: UMKM jadi motor pemulihan ekonomi di tengah pandemi

Wapres: UMKM jadi motor pemulihan ekonomi di tengah pandemi

Tangkapan layar - Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam acara penyerahan Penghargaan Upakarta dan IDGS 2020 secara virtual dari Jakarta, Kamis (10/12/2020). ANTARA/Tangkapan layar Youtube Kementerian Perindustrian RI/pri.

Dengan kondisi ini, saya justru melihat peluang bagi kita untuk mendorong UMKM sebagai motor pemulihan ekonomi nasional
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan motor penggerak dalam upaya pemulihan ekonomi nasional setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Dengan kondisi ini, saya justru melihat peluang bagi kita untuk mendorong UMKM sebagai motor pemulihan ekonomi nasional," kata Wapres Ma’ruf dalam acara penyerahan Penghargaan Upakarta dan IDGS 2020 secara virtual dari Jakarta, Kamis.

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19 berbeda dengan krisis-krisis serupa sebelumnya. Jika krisis sebelumnya selalu diawali dengan keterpurukan sektor finansial, kata dia, krisis saat ini justru awalnya berdampak besar di sektor riil.

Baca juga: Pemerintah lanjutkan program pemberdayaan UMKM di 2021

"Menurut penelitian yang dilakukan oleh Bank Dunia dan Bappenas, usaha kecil dan menengah terdampak paling besar. Lebih dari 80 persen usaha kecil dan menengah, penjualannya menurun di atas 20 persen," jelas Wapres Ma'ruf Amin.

Pemerintah pun menaruh perhatian lebih besar pada sektor industri, dengan harapan para pelaku UMKM tetap dapat bertahan di tengah keterpurukan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19.

Bukti kepedulian pemerintah terhadap UMKM tersebut diwujudkan dalam pengalokasian anggaran untuk kesejahteraan masyarakat dan UMKM yang mencapai separuh dari total anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Satgas PEN optimistis program hibah modal kerja UMKM cepat terserap

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp695,2 triliun untuk Program PEN, yang sekitar Rp350 triliun di antaranya dialokasikan untuk menjaga tingkat kesejahteraan masyarakat dan UMKM, jelas Wapres Ma'ruf Amin.

"Khusus untuk UMKM, diberikan dukungan anggaran lebih dari Rp123 triliun, selain juga diberikan berbagai insentif termasuk keringanan pajak yang jumlahnya lebih dari Rp100 triliun," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Oleh karena itu Wapres berharap anggaran tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memulihkan kondisi perekonomian secara nasional setelah pandemi COVID-19.

Baca juga: Kadin minta pemerintah buat terobosan bagi UMKM yang belum bankable

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wapres: Harkonas momentum cintai produk dalam negeri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar