Jakarta (ANTARA) -- Jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi contohnya saja salmon, patin, kakap, lele, dan wader. Lalu bagaimana dengan ikan manyung? Apakah kamu pernah mendengar atau mencicipinya? Jika belum terlalu familiar dengan ikan manyung mungkin lebih kenal dengan jambal roti. Ini memang merupakan ikan laut yang kebanyakan diolah menjadi ikan asin yang disebut dengan jambal roti itu.

Daerah yang banyak menawarkan ikan manyung adalah Semarang. Banyak tempat makan yang sudah kondang menyediakan ikan manyung sebagai menu utamanya. Ikan ini memang terkenal memiliki daging yang tebal, bahkan kepalanya juga banyak disajikan sebagai hidangan utama. Nah, berikut ini ada tempat untuk berburu ikan manyung di Semarang. 

Ikan Manyung Bu Fat 

Ikan Manyung Bu Fat merupakan tempat yang paling kondang di Semarang. Bahkan, termasuk dalam jajaran tempat makan legendaris karena mulai buka sejak tahun 1969. Daya tarik utama tempat makan ini akan mempertahankan resep selama turun temurun, sekarang sudah tiga generasi berbeda. 

Salah satu yang paling banyak dipilih di antara makanan lainnya adalah olahan kepala ikan manyung yang ukurannya jumbo diolah menjadi mangut. Alamat Ikan Manyung Bu Fat ini berada di Jl. Ariloka, Krobokan, Semarang Barat. Jam bukanya mulai dari pukul 08.00-20.00 WIB. Selain di Semarang, sudah ada cabangnya di Jakarta. Tapi tentu saja akan lebih enak dari tempat asalnya. 

Mangut Kepala Manyung Bu Darwati 

Pilihan tempat lainnya adalah Mangut Kepala Manyung Bu Darwati. Alamatnya berada di J. Wr. Supratman Gang. Cemara IV. No. 1. Gisikdrono, Semarang Barat. Lokasinya memang cukup baru, mulai beroperasi sejak Februari 2020. Meski masih baru, sudah banyak orang yang mengidolakan olahan ikan manyung di sini. 
Ikan manyung di sini diolah menjadi berbagai makanan. Ada mangut sampai dengan sambal panggang manyung. Selain manyung, ada pilihan kuliner lain yang bisa untuk dicoba. Yaitu nasi rames, soto semarang, ayam laos, mangut belut, dan juga pecel ngapak. 

Spesial Kepala Manyung Mas Angga 

Tempat makan manyung ini berlokasi di Jl. Supriyadi, Pedurungan, Semarang. Jam bukanya mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. 

Menunya beragam, namun yang jadi andalan adalah kepala manyung jumbo. Selain itu ada pula kepala ikan manyung yang ukurannya sedang. Bagi yang takut tidak bisa menghabiskan, bisa pesan mangut daging saja. 
Selain olahan manyung, banyak juga menu lainnya yang bisa dicicip. Ada bandeng presto, paha ayam goreng, telur goreng, opor ayam, dan berbagai camilan. Camilan yang dimaksud adalah telo goreng, sukun goreng, mendoan, dan juga pisang goreng. Harganya kisaran Rp5.000 sampai dengan Rp75.000. 

Mangut Kepala Manyung Bu Ana 

Mangut Kepala Manyung Bu Ana atau yang sebenarnya memiliki nama asli Warung Makan Bu Anna juga tidak kalah kondangnya. Salah satu menu andalannya adalah mangut kepala manyung. Untuk lokasinya sendiri berada di sekitaran wisata Maerokoco-PRPP Semarang. Ada dua ruangan yang bisa dipilih, luar dan dalam area warung. 

Selain menu mangut, ada banyak pilihan lainnya yang bisa dicoba kenikmatannya. Mulai dari cumi tinta hitam, udang saus pedas, tumis kerang, dan lain-lain. Bagi yang suka olahan seafood, tempat ini bisa dikunjungi ya. 

Menu ikan manyung memang bikin penasaran ya, maka dari itulah jika jalan-jalan ke Semarang jangan lewatkan kesempatan untuk bisa mencobanya. Bagi yang memiliki planning buat berjelajah Semarang, bisa memilih jalur udara supaya lebih cepat. Pilihlah perusahaan yang menyediakan layanan booking tiket online terpercaya, misalnya saja Traveloka. Traveloka tiket pesawat online memang menawarkan banyak kelebihan. 

Jadi tidak perlu berpikir dua kali saat hendak memesan tiket pesawat secara online di Traveloka ya. Sudah sejak lama Traveloka menjadi partner perjalanan yang terpercaya dan menawarkan berbagai kemudahan. Tidak pelit memberikan tiket murah.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020