Jakarta (ANTARA/JACX) - Klaim yang menyebutkan Desember merupakan bulan paling rawan terjadi tsunami, tersebar di media sosial menjelang penutupan 2020.

Narasi itu turut memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai tsunami pada 11 hari terakhir Desember.

“Antara tgl 20 Desember sampai tahun baru biasanya bukan suka cita yang dirasakan dengan cara pergi liburan atau bersenang-senang tapi ini tanggal kewaspadaan karena bencana tsunami Aceh sampai Banten terjadi pada tanggal sekarang2 ini,” demikian narasi yang tersebar melalui Twitter.

Namun, benarkah Desember merupakan bulan paling rawan terjadi tsunami?

Penjelasan:

Narasi di media sosial yang menyatakan tsunami paling rawan terjadi pada Desember merupakan narasi berulang yang pernah muncul juga pada 2019.

Faktanya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorta Karnawati mengatakan informasi soal bencana tsunami pada akhir tahun tidak dapat dipertanggngjawabkan dan termasuk dalam hoaks.

"Kalau ada info bahwa akhir tahun ada tsunami itu seperti mendahului Tuhan. Mohon jangan dipercaya," kata Rita seperti termuat dalam berita ANTARA pada 2019.

Rita menjelaskan kemunculan bencana seperti gempa bumi dan tsunami tidak dapat diprediksi sebagaimana prakiraan cuaca atau iklim.

Gempa bumi dan tsunami hanya bisa diamati melalui kecenderungan aktivitas, tapi tidak dapat dipastikan waktu dan lokasinya.

BMKG, menurut Rita, tidak pernah mengeluarkan prediksi gempa bumi dan tsunami. Peralatan untuk mendeteksi gempa bumi yang akan terjadi pun belum ada sampai saat ini, bahkan di negara maju.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dr Daryono, melalui akun youtube Daryono Bmkg pada 24 Desember 2020, menyatakan tsunami tidak mengenal musim secara ilmiah.

Gempa tektonik, longsoran dalam laut, erupsi gunung api adalah fenomena geologis yang dapat terjadi setiap saat dan tidak hanya pada bulan-bulan tertentu.

Klaim: Desember paling rawan terjadi tsunami
Rating: Salah/Disinformasi
 
Tangkapan layar hoaks yang menyatakan Desember merupakan bulan paling rawan terjadi tsunami (Kominfo)


Baca juga: Hoaks, peringatan tsunami di Bengkulu pada malam tahun baru 2020

Baca juga: BMKG ingatkan adanya hoaks tsunami akhir tahun

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020