Jakarta (ANTARA News) - Timnas sepak bola Indonesia merebut satu poin setelah bermain imbang 0-0 lawan tuan rumah Oman dalam laga perdana grup B Pra Piala Asia 2011 di Stadion Sultan Qaboos, kota Muscat, Oman, Senin malam waktu setempat.

Penampilan terbaik Timnas ini menjadi modal Charis Yulianto menghadapi Australia pada 28 Januari di Jakarta.

Dalam laga perdana ini kesebelasan Indonesia yang ditangani pelatih Benny Dollo menurunkan Bambang Pamungkas dan Budi Sudarsono, Boaz Sallosa, di lini tengah ada Firman Utina, Ponaryo, Hariono sedang bek dimotori kapten tim Charis Yulianto, Maman Abdurrahman dan Ricardo Salempessy, Isnan Ali dengan kiper Markus Horison.

Sedang pelatih Claude Le Roy asal Perancis yang membawa negara kawasan Teluk itu merebut juara 2009 itu memasang di lini depan pada Hassan Rabia Al Housni, Ahmad Hadid, Khalifa Ayil, Fawzi Basheer, Ismail Al Ajmi, Ahmad Mubarak, kapten tim Oman Mohamed Rabia, Hassan Mudhaffar dan memasang kiper kedua Suleiman Al Mazroui.

Babak pertama kesebelasan Indonesia berusaha memotong sejumlah serangan kesebelasan Oman.

Sedikitnya ada tiga peluang Indonesia, salah satunya Boaz yang memiliki peluang setelah mengecoh pemain belakang Oman namun masih dapat ditepis kiper kedua Oman Sulaiman.

Sementara Gawang Markus Horison masih tetap aman setelah tendangan keras salah satu pemain Oman hanya membentur mistar gawang.

Hingga turun minum kedudukan pun masih imbang 0-0.

Di babak kedua, pelatih Benny Dollo memasukkan TA Musafri menggantikan Budi Sudarsono.

Menit 44, pemain Oman Fawzi Basheer memiliki peluang setelah berada bebas di kotak penalti namun tendangannya malah melenceng.

Sementara Indonesia mencoba menekan di menit ke-51, Boaz Sallosa menembak dengan kaki kiri tapi bola agak melebar ke atas mistar gawang Oman.

Pada menit 60, pemain Al Hosni malah mendapat kartu kuning karena melakukan diving.

Selang lima menit kemudian, pelatih Benny Dollo memasukkan Nova Arianto menggantikan Firman Utina. Indonesia berusaha memperkuat pertahanan dan praktis hanya mengandalkan serangan balik.

Menit 73, tendangan Musafri ditepis kiper Oman dan bola rebound, dimanfaatkan Bambang Pamungkas namun hanya mengenai mistar.

Pada menit 78, kiper Markus blunder keluar dari gawangnya, namun beruntung tandukan Fawzi melambung ke atas gawang Indonesia.

Selang dua menit terjadi ketegangan antar pemain setelah salah satu pemain Oman mendorong Ponaryo dan wasit berhasil melanjutkan laga. � Di tujuh menit jelang berakhirnya babak kedua, Erol Iba menggantikan Boaz. Dan Indonesia tetap berusaha menahan gempuran kesebelasan Oman. Hingga babak kedua berakhir, kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Selain Oman, Indonesia yang juga bergabung di grup B ini menghadapi Australia dan Kuwait. Laga selanjutnya, Indonesia akan menjamu Australia pada 28 Januari di Gelora Bung Karno, Jakarta. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009