Kaleidoskop 2020

Sepak bola dunia 2020 dalam selimut pandemi

Oleh Hendri Sukma Indrawan

Sepak bola dunia 2020 dalam selimut pandemi

Pemain Bayern Munich Robert Lewandowski menerima trofi penghargaan Pemain Terbaik Tahun 2020 pada ajangĀ Globe Soccer Awards diĀ Armani hotel, Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab (27/12/2020). ANTARA FOTO/LaPresse / Handout melalui REUTERS / Fabio Ferrari / aww.

Jakarta (ANTARA) - Tahun 2020 menjadi yang berat bagi sepak bola internasional karena segala kompetisi dan turnamen dihentikan atau dimundurkan oleh pandemi COVID-19 demi membendung penyebaran virus penyakit itu, termasuk Serie A Italia, Liga Premier Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman dan lainnya.

Penundaan itu ditempuh setelah berbagai negara menerapkan kebijakan-kebijakan dalam membendung penyebaran pandemi yang menelan ratusan ribu nyawa manusia di seluruh dunia.

Ketika kompetisi akhirnya dilanjutkan karena grafik kasus menurun di beberapa tempat, termasuk lima besar liga Eropa, kebijakan baru terkait protokol kesehatan dan penyesuaian aturan main, regulasi keamanan, jadwal pertandingan dan lainnya pun diadopsi.

Sepak bola dunia pada tahun pandemi ini juga ditinggalkan untuk selamanya oleh dua legendanya, yakni Diego Maradona dan Paolo Rossi.

Tahun ini pula, sepak bola dikagetkan oleh kabar Lionel Messi ingin meninggalkan Barcelona pada awal musim 2020/2021.

Berikut, tanggal-tanggal menarik yang terjadi dalam dunia sepak bola sepanjang 2020 dari berbagai sumber:

JANUARI
3 Januari, Juventus memboyong Dejan Kulusevski dari Atalanta untuk langsung dipinjamkan ke Parma hingga akhir musim 2019-2020.

6 Januari, Gelandang legendaris AS Roma dan Italia, Daniele De Rossi, gantung sepatu dalam usia 36 tahun setelah hanya enam bulan membela Boca Juniors.

13 Januari, Real Madrid menjuarai Piala Super Spanyol setelah mengalahkan rival sekota Atletico 4-1 lewat adu penalti.

14 Januari, Barcelona memecat pelatih Ernesto Valverde dan menunjuk Quique Setien sebagai penggantinya.

19 Januari, Erling Haaland melakukan debut brilian bersama Borussia Dortmund setelah mencetak hattrick ke gawang Augsburg dalam pertandingan Bundesliga.

31 Januari, Bruno Fernandes resmi berseragam Manchester United setelah dibeli dari Sporting Lisbon dalam kontrak yang akan habis pada 2025.

31 Januari, Lionel Messi mencetak gol ke-500 untuk Barcelona saat melawan Leganes dalam Copa del Rey.

FEBRUARI
13 Februari, Chelsea mendapatkan gelandang Hakim Ziyech dari Ajax Amsterdam, namun baru bisa bermain bersama The Blues musim ini.

15 Februari, Manchester City dijatuhi sanksi larangan tampil dalam kompetisi Eropa selama dua musim oleh UEFA karena melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).   Sanksi itu dibatalkan Juli tahun ini juga.

23 Februari, Cristiano Ronaldo mencatatkan laga ke-1.000 dalam karier profesionalnya ketika Juventus mengalahkan SPAL 2-1 dalam Liga Italia.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: PON Papua punya cerita
 

Oleh Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Semangat pemain sepak bola kerdil Yordania menuju panggung dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar