Manado (ANTARA) - Jumlah warga Sulawesi Utara (Sulut) yang terkonfirmasi positif COVID-19 sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020 lalu mencapai 9.583 orang setelah ada penambahan 34 kasus baru.

"Hari ini ada penambahan 34 kasus baru positif COVID-19," ujar Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH di Manado, Rabu.

Dari akumulasi kasus positif tersebut, sebanyak 7.059 orang di antaranya atau sebesar 73,66 persen telah dinyatakan sembuh setelah mendapatkan perawatan medis.

"Pasien yang dinyatakan sembuh hari ini sebanyak 72 orang, mereka terdistribusi di Kota Manado, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Minahasa Tenggara," ujarnya.

Baca juga: 126 pasien COVID-19 di Sulut sembuh

Baca juga: Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Sulut capai 71,54 persen


Selanjutnya, pasien yang masih mendapatkan perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan menyebar di rumah sakit rujukan, penunjang rujukan dan pelengkap sebanyak 2.214 orang atau sebesar 23,11 persen.

Sementara, pasien yang dilaporkan meninggal (case fatality rate) akibat penyakit ini mencapai 310 orang atau sebesar 3,23 persen.

Kota Manado masih menjadi daerah dengan angka penularan kasus baru harian tertinggi bila dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya.

Dari 34 kasus baru tersebut, di Kota Manado sebanyak 17 kasus, Kabupaten Minahasa tujuh kasus, dan Kabupaten Minahasa Utara empat kasus.

Selanjutnya, Kota Tomohon sebanyak dua kasus, sementara Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow masing-masing satu kasus.*

Baca juga: Ada tambahan 103 orang, positif COVID-19 di Sulut naik 9.237 kasus

Baca juga: Ribuan jemaat GMIM rayakan Natal secara daring

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020