Beijing (ANTARA) - Saham-saham China menutup hari pertama perdagangan 2021 pada Senin dengan catatan positif, menetap lebih tinggi setelah survei menunjukkan pemulihan yang berkelanjutan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu meningkatkan sentimen investor. Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai naik 0,86 persen menjadi ditutup pada 3.502,96 poin. Sementara itu, Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China melambung 2,47 persen menjadi menetap di 14.827,47 poin,

Nilai transaksi gabungan saham-saham yang mencakup kedua indeks utama China meningkat menjadi 1,16 triliun yuan (sekitar 178,02 miliar dolar AS) dari 962 miliar yuan (sekitar 147,4 miliar dolar AS) pada hari perdagangan terakhir tahun lalu.

Saham-saham perusahaan yang terkait daging babi, produksi minuman keras dan pertahanan militer memimpin kenaikan, dengan saham Muyuan Foods Co Ltd melonjak pada batas harian 10 persen menjadi ditutup pada 84,81 yuan per saham.

Baca juga: Saham China dibuka menguat setelah melonjak akhir tahun lalu

Sebaliknya, saham-saham perbankan, perawatan mata dan asuransi termasuk di antara yang merugi terbesar.

Saham-saham China melonjak ke level tertinggi multi-tahun pada hari perdagangan terakhir 2020, karena investor menyambut baik kesepakatan investasi China-Eropa dan dukungan kebijakan Beijing untuk pasar modalnya.

Aktivitas di sektor pabrik China naik pada Desember ketika ekonomi mempertahankan pemulihannya ke level sebelum pandemi, survei bisnis menunjukkan pada Senin, bahkan ketika biaya yang lebih tinggi memperlambat laju ekspansi.

Baca juga: Saham China mencapai tertinggi multi-tahun di hari terakhir 2020

"Kami optimis tentang pasar ekuitas tahun ini, karena kerapuhan pemulihan ekonomi global berarti kondisi likuiditas yang sangat longgar akan tetap ada, sementara China berjanji akan melanjutkan dan mendukung kebijakan yang stabil untuk ekonominya," kata analis di Zhongtai Securities dalam sebuah catatan.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang atau perusahaan rintisan di papan bergaya Nasdaq China, melesat 3,77 persen menjadi mengakhiri perdagangan pada 3.078,11 poin.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021