Yasonna harapkan masyarakat peduli terhadap lingkungan

Yasonna harapkan masyarakat peduli terhadap lingkungan

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Yasonna H Laoly saat meninjau Kali Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Minggu (10-1-2021). (ANTARA/HO-PDIP)

Jakarta (ANTARA) -
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Yasonna H Laoly mengharapkan masyarakat Indonesia peduli terhadap lingkungannya.
 
Yasonna mengatakan hal itu saat meninjau kebersihan sungai dalam rangka HUT Ke-48 PDIP yang mengangkat subtema 'Cinta Ciliwung Bersih', di Kali Dadap Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Minggu.
 
Saat tiba di Kali Dadap, Yasonna langsung berkoordinasi dengan Camat setempat. Yasonna mengeluhkan tentang sampah yang menumpuk di aliran sungai di bawah jembatan dan sejumlah kader PDIP pun mengangkut sampah itu dari sungai.
 
Limbah rumah tangga yang berbahan plastik mendominasi sampah di kali tersebut. Selain itu, ada juga perabotan rumah tangga seperti tilam, sofa, kayu dan besi.

Baca juga: HUT PDIP, Megawati resmikan Gerakan Bersihkan Sungai
 
"Kami berharap mendidik masyarakat untuk tidak membuang sampah di sini. Ada sofa, ada segala macam sampah di kali ini, dan ini tidak baik untuk lingkungan hidup kita," kata Yasonna dalam siaran persnya.
 
Yasonna mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menaruh perhatian khusus pada isu kelestarian lingkungan.
 
Sejalan dengan itu, kata dia, PDI Perjuangan menjadikan momentum hari ulang tahunnya untuk membersihkan sungai serentak di seluruh daerah Indonesia.
 
"Ibu Ketua Umum betul-betul memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap lingkungan hidup. Maka menginstruksikan kepada seluruh DPP, DPD, DPC, untuk betul-betul mencintai ibu pertiwi melalui lingkungan hidup di samping tentunya program-program lainnya," ujarnya.
 
Pada kesempatan ini, Yasonna juga sempat menaiki eskavator untuk mengangkut sampah dari sungai ke daratan.
 
Menteri Hukum dan HAM itu juga mendorong pemerintah setempat untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kali Dadap ini.
 
Camat Kecamatan Kosambi Fahrurrozi mengatakan, permasalahan sampah di Kali Dadap ini perlu disiapkan alat berat karena apabila hujan turun, rawan terjadi banjir dan sampah pun meluap.
 
"Kami siap bersinergi dan menggalakkan sosialisasi masyarakat untuk tidak membuang sampah di Kali," jelas dia.
 
Dalam acara itu, hadir juga Lurah Kelurahan Dadap Saduni, anggota DPR Marinus Gea, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tangerang dan anggota DPRD Provinsi Banten dari fraksi PDI Perjuangan.
 
Yasonna menjadi satu dari sekian elite PDIP yang ikut turun ke lapangan menyukseskan 'Cinta Ciliwung Bersih'. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto turun di bantaran kali di wilayah Senen, Jakarta Pusat, sementara Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini di kawasan Balekambang.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hoaks atau Benar - Rocky Gerung mualaf? Ustad Abdul Somad haramkan facebook?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar