Jakarta (ANTARA) - Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) Dr Zainal Arief mengatakan ada lima jalur seleksi masuk ke politeknik negeri pada 2021.

“Jalur seleksi politeknik negeri pada 2021 terdiri dari lima jalur. Untuk itu peserta perlu memperhatikan persyaratan, kelengkapan serta jadwalnya agar tidak salah memilih jalur penerimaan," ujar Zainal dalam taklimat media secara daring di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan lima jalur seleksi tersebut, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), dan jalur seleksi mandiri.

Baca juga: Kemendikbud resmikan prodi S2 Terapan Politeknik Negeri Padang

Baca juga: Pendaftaran seleksi masuk politeknik negeri dibuka mulai hari ini


Zainal menambahkan untuk SNMPTN dan SBMPTN merupakan kolaborasi bersama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang diperuntukkan untuk jenjang D4 atau sarjana terapan. Jalur seleksi itu diikuti 39 politeknik negeri.

Sementara untuk SNMPN dan SBMPN merupakan jalur seleksi untuk jenjang D3 dan diikuti 44 politeknik negeri. SNMPN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara SBMPN adalah seleksi tertulis yang diselenggarakan oleh politeknik negeri.

Zainal menjelaskan dengan bergabungnya politeknik dengan LTMPT, secara tidak langsung akan mendukung terbentuknya karakter bersaing di antara calon pendaftar, yaitu lulusan SMA, SMK, MA sederajat.

“Semua bebas memilih ke perguruan tinggi mana nantinya akan melanjutkan, yang menarik untuk dicermati adalah ketika para pendaftar ini sudah mempersiapkan strateginya sembari mempertimbangkan banyak hal sebelum menentukan akan melanjutkan ke perguruan tinggi mana. Sekarang keduanya, baik akademisi maupun vokasi dapat dipilih secara langsung saat mendaftar,” jelas dia.

Zainal mengingatkan peserta untuk teliti dalam menentukan jalur seleksi masuk yang dipilih. Informasi lebih lanjut dapat mengakses informasi yang tertera pada laman LTMPT dan Pusat Informasi Politeknik Negeri se-Indonesia melalui laman http://politeknik.or.id/.

Baca juga: Seleksi masuk Politeknik Negeri mulai dibuka hari ini

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021