China akan beri Myanmar vaksin COVID-19 gratis

China akan beri Myanmar vaksin COVID-19 gratis

Menteri Luar Negeri China Wang Yi. ANTARA/REUTERS/Yana Paskova/aa.

China akan terus menyediakan bahan anti epidemi sesuai dengan kebutuhan Myanmar. Kami akan memberikan sejumlah vaksin virus corona secara gratis dan akan melanjutkan diskusi tentang kerja sama vaksin
Beijing (ANTARA) - China akan memberi Myanmar sejumlah vaksin COVID-19 secara gratis, yang diumumkan saat Menteri Luar Negeri Wang Yi mengakhiri kunjungan selama dua hari di Myanmar, Selasa.

"China akan terus menyediakan bahan anti epidemi sesuai dengan kebutuhan Myanmar. Kami akan memberikan sejumlah vaksin virus corona secara gratis dan akan melanjutkan diskusi tentang kerja sama vaksin," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

Kementerian juga mengatakan bahwa ketika Menlu Wang Yi bertemu dengan panglima tertinggi militer Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing, dia meminta dukungan militer untuk Koridor Ekonomi China-Myanmar.

Baca juga: Menlu China yakin hubungannya dengan AS akan normal lagi
Baca juga: Menlu China kunjungi Tokyo saat ketegangan kawasan


Koridor tersebut adalah jaringan proyek transportasi dan infrastruktur yang melintasi daerah di mana faksi etnis minoritas saling berperang dengan pasukan pemerintah.

Pertempuran di timur laut Myanmar terkadang menyebabkan para pengungsi melarikan diri dari perbatasan ke China.

Setelah meninggalkan Myanmar, Wang Yi, anggota dewan negara dan menteri luar negeri China, akan mengunjungi Indonesia, Brunei, dan Filipina sebelum kembali ke negaranya pada 16 Januari.

Sumber: Reuters

Baca juga: Menlu China melawat ke Myanmar, janjikan vaksin COVID-19
Baca juga: Menlu China berkunjung pekan ini, RI angkat isu pelindungan ABK

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemandangan penuh warna Gunung Tianshan di China barat laut

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar