Ada berbagai kekhawatiran mengenai hubungan bilateral. Seperti saya katakan, saya pikir penting untuk menyelesaikan masalah tersebut satu per satu melalui pembicaraan tingkat tinggi
Tokyo (ANTARA) - Menteri Luar Negeri China Wang Yi dijadwal mengunjungi Tokyo pada Selasa menandai perjalanan tingkat tinggi pertama sejak Jepang memilih pemimpin baru pada September dan di tengah meningkatnya kekhawatiran atas dominasi Beijing yang tumbuh di wilayah tersebut.

Wang dapat melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Yoshihide Suga, yang sejauh ini berusaha untuk menyeimbangkan ketergantungan ekonomi Jepang yang mendalam pada China dengan mengatasi kekhawatiran keamanan, termasuk klaim Beijing atas pulau Laut China Timur yang diperebutkan.

Sementara Suga menghindari retorika kasar anti China yang digunakan oleh sekutu Jepang, Amerika Serikat, dia telah bergerak untuk melawan pengaruhnya dengan memperdalam hubungan dengan Australia dan melakukan perjalanan luar negeri pertamanya ke Vietnam dan Indonesia.

Jepang juga mendorong perusahaannya mendiversifikasi rantai pasokan mereka dan mengurangi ketergantungan pada China dengan membawa pulang produksi atau memindahkannya ke Asia Tenggara.

"Ada berbagai kekhawatiran mengenai hubungan bilateral. Seperti saya katakan, saya pikir penting untuk menyelesaikan masalah tersebut satu per satu melalui pembicaraan tingkat tinggi," Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan kepada wartawan, Jumat.

Dia menambahkan dia akan melakukan "pertukaran terbuka" soal pandangan tentang hubungan bilateral dengan Wang, termasuk tentang bagaimana melanjutkan lalu lintas antara kedua negara selama pandemi.

Media Jepang melaporkan bahwa Motegi juga akan meningkatkan kepedulian tentang aktivitas China di Laut China Timur yang meningkat.

Meski ada ketegangan, kedua belah pihak telah mengambil langkah untuk mendekatkan kedua negara.

Awal bulan ini, China menandatangani Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) dengan 14 negara lainnya termasuk sekutu AS, Jepang dan Korea Selatan, tetapi Amerika Serikat tak terlibat dalam kesepakatan itu.

RCEP adalah kesepakatan perdagangan multilateral pertama bagi China, pengaturan pengurangan tarif bilateral pertama antara Jepang dan Tiongkok, dan pertama kalinya Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan berada dalam satu blok perdagangan bebas.

Wang akan terbang ke Korea Selatan setelah Jepang, untuk pembicaraan yang akan mencakup (isu) Korea Utara.

Para ahli mengatakan diplomasi Wang dapat membantu meletakkan dasar bagi pertemuan puncak tiga pihak bersama Jepang dan Korea Selatan, dengan memperhatikan kesepakatan perdagangan bebas antara ketiga negara untuk membangun berdasar RCEP.


Baca juga: PM Thailad: RCEP dukung visi APEC wujudkan pasar bebas Asia-Pasifik

Baca juga: Menlu China sebut RCEP cerminkan komitmen keterbukaan kala pandemi

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020