Bulu tangkis

BWF: tiga pemain yang positif COVID-19 boleh tanding di Thailand Open

BWF: tiga pemain yang positif COVID-19 boleh tanding di Thailand Open

BWF mengizinkan tiga dari empat pemain yang sempat dinyatakan positif COVID-19 kembali bertanding di turnamen Yonex Thailand Open berdasarkan hasil tes yang dilakukan Selasa (12/1/2021) (ANTARA/Juns)

Jakarta (ANTARA) - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengonfirmasi bahwa tiga dari empat pemain yang sempat dinyatakan positif COVID-19 telah diizinkan kembali bertanding pada Yonex Thailand Open berdasarkan hasil tes yang dilakukan Selasa.

Ketiga pemain tersebut adalah Saina Nehwal dan HS Prannoy asal India, serta Jones Ralfy Jansen asal Jerman. Sementara pebulu tangkis asal Mesir Adham Hatem Elgamal telah mengundurkan diri karena hasil tes menunjukkan positif COVID-19.

Nehwal dan Prannoy sempat dibawa ke rumah sakit, sementara Jansen dan Elgamal melakukan isolasi mandiri di hotel. Suami Nehwal, Kashyap Parupalli juga diminta untuk swakarantina karena keduanya berada di satu kamar.

BWF sebelumnya mengumumkan bahwa ada empat pemain yang positif virus corona.

Namun berdasarkan uji ulang sampel hari ini, hasil tes Prannoy, Jansen, dan Elgamal menunjukkan negatif, sedangkan Nehwal masih positif.

Keempat pemain tersebut kemudian melakukan tes PCR kedua serta tes darah untuk antibodi.

Hasilnya, Nehwal, Prannoy, dan Jansen dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes PCR mereka, tetapi hal serupa juga ditemukan dalam hasil tes antibodi.

BWF memaparkan bahwa jika antibodi positif maka seseorang itu punya riwayat pernah terpapar virus corona, namun bukan berarti saat ini mereka masih terinfeksi. Pasalnya, ketiganya pernah terpapar COVID-19 pada akhir 2020.

Baca juga: BWF siapkan skenario jika ada peserta Thailand Open positif COVID-19

Sementara Elgamal dinyatakan positif pada tes PCR, tetapi hasil antibodinya negatif yang menunjukkan bahwa dia tidak memiliki respons sistem imun untuk virus tersebut. Panitia pun menyarakannya agar mundur dari turnamen untuk menjalani isolasi selama minimal 10 hari di rumah sakit.

Atas temuan tersebut, tim Mesir dianggap berisiko tinggi terhadap COVID-19. Doha Hany yang dikategorikan memiliki kontak langsung dengan Elgamal pun harus menjalani isolasi mandiri serta tes swab setiap hari hingga diketahui negatif COVID-19. Pertandingannya yang dijadwalkan Selasa pun telah diputuskan untuk ditunda.

Meski ada temuan kasus positif, Asosiasi Bulu Tangkis Thailand (BAT) menyatakan akan tetap melanjutkan pertandingan dengan terus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan otoritas setempat.

Pertandingan tunggal putra antara Nehwal dan pemain Malaysia Kisona Selvaduray yang sedianya digelar hari ini dan dinyatakan walkover telah dijadwalkan ulang menjadi Rabu (13/1).

Baca juga: Thailand Open jadi ajang pemanasan tim menuju Olimpiade Tokyo
Baca juga: Thailand Open, Rionny minta pemain cepat beradaptasi dengan lapangan
Baca juga: Jonatan, Anthony mengaku senang bisa kembali ke turnamen internasional


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jojo ditaklukan wakil Denmark di perempat final Indonesia Masters 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar