Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Sabar Karyaman Gutama fokus penyembuhan bahu sebelum turun di Thailand Open 2024 yang berlangsung pada 14-19 Mei.

Pasangan dari Reza Pahlevi Isfahani tersebut mengalami cedera bahu pada babak semifinal Swiss Open 2024.

"Kalau dari saya mungkin fokus pemulihan dulu, kalau dari Reza fokus buat ada sesuatu yang besar di dua pekan setelah lebaran. Ya kalau sekarang saya fokus pemulihan buat tangan dulu, mungkin fokus latihannya setelah lebaran, sekarang jaga-jaga badan sama yang cedera," kata Sabar dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Usai merasakan ketidaknyamanan pada bahu, Sabar/Reza sempat ingin mengundurkan diri di kejuaraan Spain Masters 2024 untuk menghindari risiko cedera yang lebih parah.

Namun usai memperoleh penanganan medis, Sabar/Reza mampu tampil gemilang dengan menggondol gelar juara yang juga menjadi gelar perdana mereka selama keikutsertaan di turnamen BWF World Tour.

Sabar/Reza yang kini menempati peringkat ke-26 dunia, tengah membidik untuk bisa masuk ke 20 besar dunia. Namun selama menjalani tur kejuaraan Eropa, Sabar mengungkapkan masih banyak hal yang perlu dievaluasi terutama dari segi teknik dan fisik yang perlu ditingkatkan lagi karena akan menghadapi lawan-lawan yang di kelas berbeda.

Baca juga: Sabar/Reza jadi "backpacker" sebelum juara Spain Masters

"Kalau dari segi latihan (evaluasinya) banyak. Dari teknik, dari fisik pasti akan ditingkatkan lagi. Karena pasti lawannya naik kelas dan tidak mudah juga, pasti dari segi penguatan tangannya, kakinya, fisik, pasti akan ditingkatkan lagi," ujar Sabar.

Reza mengatakan akan mewaspadai semua lawan yang akan bermain di Thailand Open 2024 karena peta kekuatan lebih merata dan faktor kemenangan ditentukan dari segi kesiapan pemain.

"Semua lawan diwaspadai, dari babak pertama sampai babak final pasti diwaspadai karena sekarang pemain-pemain juga kalau sudah main di Super 300 ke atas kurang lebih sama permainan juga, tinggal siapa yang siap saja," ujar Reza.

Baca juga: Sabar/Reza juara Spain Masters usai taklukkan ganda putra Malaysia
Baca juga: Sempat mau mundur, Reza bersyukur akhiri Spain Masters dengan juara

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024