DPR desak pemerintah segera kirim bantuan untuk korban gempa Sulbar

DPR desak pemerintah segera kirim bantuan untuk korban gempa Sulbar

Puskesmas Ulumanda Kabupaten Majene, Sulawesi Barat yang roboh akibat gempa tektonik 6,2 SR yang mengguncang Majene Sulbar pada Jumat dini hari (15/01/2020). ANTARA Foto/HO-Ikbal (ANTARA/HO-Ikbal)

Seluruh pihak, pusat dan daerah harus saling sinergi mencari korban yang masih terjebak
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta pemerintah khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, Kementerian Sosial serta seluruh pihak segera mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Majene dan sekitarnya di Sulawesi Barat.

"Seluruh pihak, pusat dan daerah harus saling sinergi untuk mencari korban yang masih terjebak tertimpa reruntuhan bangunan serta segera membantu dan mengirimkan kebutuhan bantuan sarana dan prasarana ke lokasi bencana seperti alat berat maupun ketersediaan obat, makanan serta penerangan pasca-gempa," kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Banyak korban terhimpit runtuhan bangunan, Sulbar butuh bantuan cepat

Dia meminta pemerintah pusat dan daerah segera mendirikan posko bencana dan kesehatan untuk menyediakan segala kebutuhan warga korban dan terdampak gempa.

Azis juga meminta pemerintah dapat menanggung atau menggratiskan para korban jiwa untuk melakukan perawatan medis, berat maupun ringan.

Baca juga: NU Peduli segera bantu korban gempa Majene

"Jangan sampai para korban gempa merasa kesulitan, kita harus dapat meringankan beban mereka dan mempersiapkan segala kebutuhan seperti sandang, pangan dan papan pasca-gempa Sulawesi Barat," ujarnya.

Gempa terjadi pada Jumat (15/1) dini hari bermagnitudo 6,2 di Majene, Sulawesi Barat. Pusat gempa berada di 6 km timur laut Majene, Sulawesi Barat dan terasa hingga wilayah Palu, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: Sejumlah bangunan di Mamuju ambruk akibat gempa magnitudo 6,2

Baca juga: Gempa Majene memicu kerusakan bangunan


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

DPR RI dukung Badan POM uji klinis fase II Vaksin Nusantara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar