Liga Jerman

Jadwal Liga Jerman: Misi Bayern bangkit dari kiamat kecil

Jadwal Liga Jerman: Misi Bayern bangkit dari kiamat kecil

Para pemain Bayern Muenchen dalam foto 19 Agustus 2020 ketika melawan Olympique Lyon dalam laga semifinal Liga Champions di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal. (ANTARA/REUTERS/POOL/Franck Fife)

Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan sekaligus pemuncak klasemen Liga Jerman Bayern Muenchen menatap putaran ke-16 dengan satu misi: bangkit dari kiamat kecil.

Bayern dipaksa menelan kekalahan keduanya di liga saat melawat ke Borussia Moenchengladbach pekan lalu. Sempat unggul, tim Bavaria itu  menelan pil pahit kalah 2-3.

Penderitaan Bayern berlanjut, bahkan kini memalukan. Bayern kalah adu penalti dari klub divisi dua Holstein Kiel pada  putaran kedua Piala Jerman. Dua kekalahan beruntun yang sulit diterima oleh tim selevel Bayern.

Untuk itu, Freiburg yang akan mereka jamu Minggu lusa menjadi sasaran tembak. Sayang, meski terpaut tujuh level dan sepuluh poin dalam  klasemen, Freiburg tak bisa dipandang enteng. Freiburg sukses mengunci kemenangan beruntun pada lima penampilan Liga Jerman terakhirnya.

Meski demikian, Bayern tetap Bayern. Tim raksasa yang mestinya bisa segera menemukan solusi atas krisis kecil mereka. Dengan masih bisa diandalkannya para pemain utama mereka, kemungkinan besar tim Bavaria itu akan minimal menang tipis atas sang tamu.

Tim posisi kedua RB Leipzig yang bermain lebih awal dari Bayern, berpeluang kembali ke posisi teratas, setidaknya selama beberapa jam.

Baca juga: Alaba tegaskan performanya tidak terpengaruh situasinya di Bayern

​​​Leipzig yang pekan lalu juga menelan kekalahan akan melawat ke tim posisi keenam Wolfsburg. Mereka akan bisa mengandalkan para pemain utama seperti Emil Forsberg, Dani Olmo, dan Christopher Nkunku untuk memperbesar peluang membawa pulang tiga poin.

Namun Wolfsburg juga bukan tim kacangan. Mereka selalu keluar menjadi pemenang pada lima laga kandang terakhirnya dan baru dua kali kalah musim ini, keduanya dari tim besar yakni Bayern dan Borussia Dortmund. Kemungkinan besar laga itu akan berakhir dengan skor imbang.

Pertandingan menarik lainnya mempertemukan tim posisi kelima Union Berlin menjamu tim posisi ketiga Bayer Leverkusen. Catatan penampilan kedua tim itu belakangan ini memang kurang impresif, Union gagal meneruskan tren dua kemenangan beruntunnya saat ditahan imbang Wolfsburg pekan lalu, sedangkan Leverkusen gagal menang pada tiga pertandingan terakhirnya di liga domestik.

Union memiliki daya serang mengerikan. Mereka selalu mencetak gol dalam ke-15 pertandingannya di liga musim ini dan bersama Dortmund merupakan tim tersubur peringkat kedua di bawah Bayern Muenchen dengan catatan 31 gol.

Di sisi lain, Leverkusen perlu segera kembali ke penampilan terbaiknya setelah tiga laga yang berakhir mengecewakan untuk memastikan mereka bisa tetap menempel ketat dua tim teratas.

Tim posisi keempat Dortmund kemungkinan besar tidak akan mengalami hambatan berarti dalam meraih tiga poin atas tamunya tim juru kunci Mainz 05. Terlebih Erling Haaland telah kembali memperlihatkan ketajamannya sehingga semakin besar peluang mereka memberikan kekalahan keempat secara beruntun di liga bagi tim tamu.

Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Bayern tetap di puncak meski telan kekalahan

Borussia Moenchengladbach terus mengintip peluang menembus zona Eropa. Mereka yang meraih kemenangan dalam dua pertandingan terakhirnya, tentu ingin melanjutkan tren tersebut saat melawat ke markas VfB Stuttgart.

Stuttgart tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Gladbach. Mereka baru kembali ke jalur kemenangan saat memukul tuan rumah Augsburg dengan skor 4-1 pekan lalu.

Di papan bawah, Schalke yang baru memetik kemenangan perdananya di liga pekan lalu akan berusaha sekuat tenaga menjaga tren positif berlanjut saat bertandang ke Eintracht Frankfurt.

Sayang Frankfurt mungkin bukan mangsa empuk bagi Schalke. Mereka baru kedatangan penyerang Luka Jovic yang dipinjam dari Real Madrid sampai akhir musim dan sedang menjalani tren tiga kemenangan beruntun.

Cologne akan berusaha keluar dari zona merah saat menjamu Hertha Berlin. Masalahnya Cologne tak pernah menang pada empat laga terakhirnya. Namun di sisi lain, Hertha tidak berada dalam kondisi terbaiknya dengan hanya satu kali menang, satu kali imbang dan dua kali kalah pada periode serupa.

Baca juga: Axel Witsel akan absen lama karena robek tendon Achilles

Jadwal pertandingan Liga Jerman akhir pekan ini (waktu dalam WIB):

Sabtu dini hari:
02.30 Union Berlin vs Bayer Leverkusen

Sabtu malam hingga Minggu dini hari
21.30 Cologne vs Hertha Berlin
21.30 Borussia Dortmund vs Mainz 05
21.30 Hoffenheim vs Arminia Bielefeld
21.30 Werder Bremen vs Augsburg
21.30 Wolfsburg vs RB Leipzig
00.30 VfB Stuttgart vs Borussia Moenchengladbach

Minggu malam hingga Senin dini hari
21.30 Bayern Muenchen vs Freiburg
00.00 Eintracht Frankfurt vs Schalke 04

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar