Anti Hoax

Cek Fakta: Rizieq Shihab ditendang polisi ketika masuk mobil tahanan?

Cek Fakta: Rizieq Shihab ditendang polisi ketika masuk mobil tahanan?

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). ANTARA FOTO/Fauzan/foc/aa. (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah akun di situs berbagi video Youtube mengunggah konten sepanjang dua menit yang mengklaim Rizieq Shihab telah ditendang polisi. 

Video yang diunggah pada Kamis (14/1) tersebut telah ditonton 15 ribu kali dan disukai 79 pengguna Youtube.

Berikut narasi yang menyertai unggahan video itu:
"Asstagfirullah habib rizieq Shihab Di tendang Oknum Polisi. Ya allah ya rob Oknum Polisi ini tega menendang Sang Ulama Besar indonesia semoga Beliau di beri ketabahan ya kawan kawan".

Namun, benarkah Rizieq Shihab ditendang polisi ketika masuk mobil? 
 
Tangkapan layar hoaks yang menyatakan Rizieq Shihab ditendang polisi ketika masuk mobil tahanan (Youtube)


Penjelasan:
Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun dalam video berjudul "VIRAL!! HABIB RIZIEQ DITENDANG PETUGAS?! INI KLARIFIKASINYA!!" di kanal youtube, mengaku mendapatkan klarifikasi atas kejadian tersebut. 

Pada menit ke-4 lewat 49 detik, Refly menjelaskan klarifikasi soal kejadian di video itu berawal dari video yang diperolehnya dari salah satu grup aplikasi percakapan instan Whatsapp.

Refly menuturkan Rizieq Shihab dalam cuplikan gambar itu tidak ditendang. 

"Maaf untuk semua sahabat, alhamdulillah saya sudah mendapat jawaban dari DPP bahwa itu bukan nendang HRS, tapi karena yang dipakai sama isilop (polisi) itu berat, jadi dia ambil ancang-ancang dan terkesan nendang HRS. Mohon maaf semuanya, saya sudah mendapat klarifikasi dari FPI jika IB HRS tidak ditendang," kata Refly sambil membacakan isi klarifikasi melalui telepon genggamnya pada menit kelima.

"Sudah ada klarifikasi bahwa tidak ditendang ya. Tetapi hanya karena aparat keamanan itu mungkin sepatunya berat sehingga ketika dia harus masuk ke mobil dia harus memberikan keleluasaan kepada kakinya. Sehingga melakukan gerakan kaki kanan agar bisa masuk," demikian lanjut Refly.

Klaim: Rizieq Shihab ditendang polisi ketika masuk mobil
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: Rizieq shihab tegaskan dirinya dalam keadaan sehat walafiat

Baca juga: Rizieq Shihab dipindahkan ke Rutan Bareskrim

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PTPN VIII sampaikan 27 LP terkait penyerobotan lahan di Megamendung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar

  1. sby.subandiyono@gmail.com

    Boleh saja mengklarifikasi. Namun video tersebut sdh terlanjur tersebar luas. Krn itu, kebiasaan buruk share konten yg bersifat fitnah tetap perlu mendapat sanki hukum....

  2. go.blok2an@gmail.com

    Mulane mulane jangan mudah upload, gunakan otak kanan kita. Mengingat kecepatan sambar nettiisen yg super biasanya langsung telan.Dan muncullah postingan yg beranak pinak dg warna jahat, sadis, raja tega berkolaborasi dg baik hati, bijaksana.