Jakarta (ANTARA) - Situs Jepang Futabanet meluncurkan sejumlah serial komik Jepang (manga) yang kisah dan bab pamungkasnya paling dinantikan oleh para pembacanya di negara tersebut, terutama bagi serial manga yang sudah lama eksis selama bertahun-tahun.

Futabanet mengajukan pertanyaan kepada 200 pria dan wanita Jepang berusia 30-an dan 40-an, karena penggemar manga yang lebih dewasa kemungkinan sudah dan masih hidup ketika seri ini dimulai.

Berikut lima teratas judul manga yang paling dinantikan ending-nya.

 "Golgo 13" (4,5 persen)
"Golgo 13" ditulis dan diilustrasikan oleh Takao Saito, diterbitkan di majalah Big Comic Shogakukan sejak Oktober 1968. "Golgo 13" adalah manga tertua yang masih diterbitkan, dan edisi tankōbon-nya memiliki jumlah volume tertinggi ketiga, serta telah terjual 280 juta eksemplar dalam berbagai format.

Baca juga: "Gintama: The Final" geser "Demon Slayer" di box office Jepang

Baca juga: Serial anime legendaris "Slam Dunk" kembali lewat film panjang


"Glass Mask" (5 persen)
Jika mayoritas daftar didominasi oleh manga shonen, "Glass Mask" menjadi serial manga shōjo Jepang yang masuk ke daftar ini. Ditulis dan diilustrasikan oleh Suzue Miuchi dan terbit dari Januari 1976, serial ini menjadikannya manga shōjo terlaris kedua yang pernah ada.

Setelah tidak menerbitkan bab baru dari cerita selama lebih dari dua tahun, Miuchi meluncurkan kembali "Glass Mask" pada Juli 2008. Miuchi telah mengumumkan bahwa dia berniat untuk segera mengakhiri serial ini.

"Hunter x Hunter" (9 persen)
"Hunter × Hunter" ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi, dan telah diserialkan di Weekly Shonen Jump sejak Maret 1998. "Hunter × Hunter" telah sukses kritis dan finansial yang besar dan telah menjadi salah satu seri manga terlaris Shueisha, memiliki lebih dari 78 juta eksemplar yang beredar pada November 2019.

"One Piece" (14,5 persen)
"One Piece" ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda, dan telah dimuat di majalah Weekly Shōnen Jump Shueisha sejak tanggal 22 Juli 1997. Manga ini telah menerima pujian atas alur cerita, gambar, karakterisasi, dan humornya.

Beberapa volume dari manga ini telah memecahkan rekor penerbitan, termasuk cetakan awal tertinggi dari buku apa pun di Jepang. "One Piece" juga menjadi manga terlaris selama sepuluh tahun berturut-turut pada tahun 2017.

Oda berniat untuk segera mengakhiri kisah petualangan Luffy dan kawan-kawan dalam waktu dekat.

"Detective Conan" / "Case Closed" (31 persen)
"Case Closed" atau "Detective Conan", adalah sebuah seri manga shōnen Jepang bertema detektif yang ditulis dan diilustrasikan oleh Gosho Aoyama.

Manga ini telah dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Sunday terbitan Shogakukan sejak tanggal 19 Januari 1994, dan telah dibundel menjadi 98 volume tankōbon hingga tanggal 15 April 2020.

Versi tankōbon dari manga ini telah terjual sebanyak lebih dari 230 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya sebagai seri manga terlaris keempat sepanjang masa.

Baca juga: Tujuh rekomendasi animasi untuk ditonton tahun 2021

Baca juga: "Detective Conan: Scarlet Bullet" hingga "Ito" tunda tanggal rilis

Baca juga: Kreator sebut komik "One Piece" akan tamat pada 4-5 tahun mendatang

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021