Menlu Jerman tuntut Navalny segera dibebaskan

Menlu Jerman tuntut Navalny segera dibebaskan

Tangkapan layar video memperlihatkan petugas penegak hukum berbicara dengan pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, di Bandara Sheremetyevo di Moscow, Rusia, Minggu (17/1/2021) dan kemudian menangkapnya. ANTARA/REUTERS/Reuters TV/tm.

Berlin (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas menuntut kritikus pemerintah Rusia, Alexei Navalny, untuk segera dibebaskan.

"Rusia terikat oleh konstitusinya sendiri dan oleh kewajiban internasional terhadap prinsip supremasi hukum dan perlindungan hak-hak sipil," kata Maas dalam sebuah pernyataan, Senin.

"Prinsip-prinsip ini tentu saja harus diterapkan pada Alexei Navalny juga. Dia harus segera dibebaskan."

Sementara itu, Inggris mengkhawatirkan keselamatan Navalny setelah dia ditahan saat kembali ke Moskow, kata Menteri Penyebaran Vaksin Inggris Nadhim Zahawi.

"Menteri luar negeri akan mengatakan lebih banyak tentang ini, tetapi kami sangat khawatir tentang kesejahteraan dan keselamatan Alexei Navalny. Dan tentu saja, kami harus memastikan bahwa pemerintah Rusia menjawab mengapa racun digunakan terhadap Alexei Navalny," ujar Zahawi.

Polisi menahan Navalny setibanya di Moskow pada Minggu (17/1), setelah dia kembali dari Jerman untuk pertama kalinya sejak dia diracuni pada musim panas lalu. Peristiwa yang dialami Navalny telah memicu bentrokan politik antara Rusia dengan negara-negara Barat.

Pengacara Navalny pada Senin mengatakan mereka belum diberi akses untuk menemuinya sejak ia ditahan, dan kini kondisi Navalny tidak diketahui.


Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia tangkap kritikus Kremlin Alexei Navalny

Baca juga: Negara EU desak sanksi terhadap Rusia terkait penangkapan Navalny

Baca juga: Jerman, Prancis desak EU beri sanksi ke Rusia terkait Navalny


 

Rusia rayakan Hari Angkatan Laut dengan parade militer di St. Petersburg

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar