Jakarta (ANTARA) - Phil Neville telah resmi mengundurkan diri sebagai pelatih tim nasional putri Inggris, kata Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang dikutip Reuters pada Senin.

Mantan bek Manchester United dan Inggris berusia 43 tahun tersebut telah berbicara dengan klub MLS Inter Miami yang dimiliki oleh mantan rekan setimnya, David Beckham dan diharapkan menjadi pelatih mereka berikutnya.

FA mengatakan dalam sebuah pernyataan akan menunjuk pelatih kepala sementara untuk memimpin timnas Inggris sampai Sarina Wiegman, yang saat ini menjadi pelatih timnas wanita Belanda, mengambil peran penuh setelah Olimpiade Tokyo yang tertunda berakhir pada Agustus.

"Setelah menstabilkan kapal pada periode yang menantang, ia membantu kami memenangkan Piala SheBelieves untuk pertama kalinya, mencapai semifinal Piala Dunia dan lolos ke Olimpiade," kata direktur sepak bola putri Sue Campbell tentang pencapaian Neville.

Baca juga: Phil Neville mundur dari kursi pelatih timnas putri Inggris

“Mengingat statusnya sebagai mantan pemain Manchester United dan Inggris, ia melakukan banyak hal untuk meningkatkan profil tim kami."

"Ia telah menggunakan platformnya untuk memperjuangkan sepak bola wanita, bekerja tanpa lelah untuk mendukung upaya kami mempromosikan lebih banyak pelatih wanita dan menggunakan keahliannya untuk mengembangkan banyak pemain muda kami."

Wiegman ditunjuk Agustus lalu untuk memimpin Inggris di Piala Eropa dan lolos kualifikasi Piala Dunia 2023.

Neville seharusnya memimpin timnas putri Britania Raya di Olimpiade Tokyo, yang harus ditunda karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Inggris juga umumkan kesetaraan upah timnas putra dan putri
Baca juga: Alex Morgan hijrah ke Inggris, gabung Tottenham Putri

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021