Prancis dapat memvaksin 2,4 juta orang hingga akhir Februari

Prancis dapat memvaksin 2,4 juta orang hingga akhir Februari

Para pekerja layanan kesehatan mendaftarkan diri untuk mendapat suntikan vaksin anti COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech di pusat vaksinasi di sebuah gedung olahraga di Taverny dekat Paris, Prancis, Sabtu (9/1/2021). ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier/tm

Dengan peningkatan kampanye vaksinasi di panti-panti wreda, kami akan dengan yakin dapat mencapai target satu juta warga Prancis telah divaksin pada akhir bulan ini,
Paris (ANTARA) - Prancis sedang mencapai target vaksinasi COVID-19 pada satu juta orang per akhir Januari, dan mempunyai dosis yang cukup untuk meningkatkannya menjadi 2,4 juta orang per akhir Februari, kata Menteri Kesehatan Olivier Veran, Senin.

Dalam suatu kunjungan ke pusat vaksinasi di Kota Grenoble, Veran menyampaikan bahwa Prancis saat ini telah membangun sekitar 800 pusat vaksinasi.

"Dengan peningkatan kampanye vaksinasi di panti-panti wreda, kami akan dengan yakin dapat mencapai target satu juta warga Prancis telah divaksin pada akhir bulan ini," kata Veran.

Pada Minggu (17/1), Kementerian Kesehatan melaporkan sudah ada lebih dari 422.000 orang yang telah mendapat vaksin di Prancis, terhitung sejak dimulainya gerakan vaksinasi pada 26 Desember 2020.

Namun, Prancis masih tertinggal di belakang sejumlah negara Eropa lainnya, seperti Inggris Raya yang  per Jumat (15/1) telah menyuntikkan dosis pertama vaksin COVID-19 pada 3,2 juta orang, juga Jerman dan Italia dengan lebih dari satu juta orang divaksin hingga akhir pekan lalu.

Veran menyebutkan bahwa tantangan utama di negaranya, yang sejauh ini telah mencatat hampir tiga juta kasus COVID-19 --yang terbesar di Uni Eropa, itu bukanlah soal proses logistik melainkan pengiriman dosis vaksin.

Kiriman baru vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech akan tiba pada pekan ini dan lebih banyak lagi dosis akan tiba pada pekan berikutnya, menurut Veran.

Veran menambahkan bahwa dengan telah adanya pembagian dosis vaksin, Prancis akan mampu memvaksin sebanyak 2,4 juta orang per akhir Februari.

Jumlah tersebut masih dapat bertambah hingga empat juta dosis jika vaksin yang telah dipesan dari beberapa perusahaan farmasi lain nantinya mendapat izin penggunaan dari otoritas terkait.

Sebelumnya pada Kamis (14/1), Veran menyebut Prancis dipasok dengan 500.000 dosis vaksin Pfizer-BioNTech tiap pekan, jumlah yang akan meningkat ke satu juta dosis tiap pekan. Ia berharap lima juta orang di negara itu telah divaksin pada hari perayaan Paskah (tahun ini jatuh pada 4 April).

Mulai Senin ini, vaksinasi COVID-19 dapat dilakukan pada semua orang lanjut usia di atas 75 tahun, yang sebelumnya hanya boleh dilakukan kepada penghuni panti wreda, serta orang-orang dengan masalah kesehatan yang parah.

Vaksin di Prancis juga telah tersedia bagi para tenaga kesehatan berusia 50 tahun dan di atasnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Prancis perluas pemberian vaksinasi untuk petugas pemadam kebakaran

Baca juga: Macron: Semua orang di Prancis harus dapat vaksin COVID-19

Baca juga: Inggris Raya memvaksinasi rata-rata 140 orang per menit


 

Presiden Jokowi: 329,5 juta dosis vaksin COVID-19 sudah dipesan

Penerjemah: Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar