Google Play Store kini beri tahu aplikasi mana yang sedang tren

Google Play Store kini beri tahu aplikasi mana yang sedang tren

Google Play Store kini beri tahu aplikasi mana yang sedang tren. ANTARA/Arindra Meodia.

Jakarta (ANTARA) - Google Play Store kini memberikan informasi tentang aplikasi mana yang sedang tren atau bahkan sedang turun melalui ikon baru pada bagian "Top Charts" aplikasi.

Ikon tersebut menunjukkan panah bergerak ke atas jika tren aplikasi naik, dan panah ke bawah saat tren aplikasi turun.

Dari pantauan Antara, Selasa, aplikasi FaceApp yang menduduki posisi pertama Top Charts untuk aplikasi gratis, terpantau sedang banyak diunduh karena terdapat panah yang mengarah ke atas.

Sementara tren pengunduhan aplikasi perpesanan Telegram, yang berada di posisi ketiga Top Charts untuk aplikasi gratis, terpantau menurun seiring yang ditandai dengan ikon panah yang mengarah ke bawah.

Baca juga: Google akan perketat pajak aplikasi untuk pengembang

Sayangnya, ikon tersebut tidak memberi tahu berapa banyak atau jumlah aplikasi yang sedang diunduh, dan untuk waktu berapa lama aplikasi tersebut menjadi tren, atau sebaliknya.

Dalam Top Chart untuk aplikasi gratis tersebut, aplikasi Getcontact berada pada posisi kedua, kemudian aplikasi perpesanan BiP diurutan keempat, dan aplikasi penyuntingan video Capcut menutup lima besar.

Selanjutnya, terdapat aplikasi TikTok di peringkat keenam, aplikasi perpesanan Signal di urutan ketujuh, Snack Video dan WhatsApp masing-masing di posisi kedelapan dan kesembilan, lalu aplikasi Helo menutup Top 10 dari Chart untuk aplikasi gratis di Play Store.

Meski kemungkinan besar keputusan untuk menginstal aplikasi atau tidak, tidak akan bergantung pada tren, namun mengetahui apakah aplikasi sedang tren menjadi informasi yang menarik.

Baca juga: Situs Parler mulai pulih, aplikasi masih diblokir

Baca juga: Google blokir aplikasi jejaring sosial Parler, Apple beri peringatan

Baca juga: Google Maps uji coba mode gelap

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar