Rafah, Perbatasan Mesir-Palestina,  (ANTARA News) - Dua ambulan bantuan dari rakyat Indonsia yang disampaikan melalui Medical Rescue Commite (MER-C) Indonesia, Selasa pagi sekitar pukul 10.00 waktu setempat (15.00 WIB) akan dikirimkan ke Jalr Gaza, Palestina, melalui Rafah, pintu perbatasan Mesir-Palestina, setelah sehari sebelumnya (19/1) diambil dari tempat pembuataan di Alexandria, lebih kurang 400 Km dari Kairo.

"Dua ambulan dari sumbangan melalui MER-C Indonesia Senin (19/1) malam langsung dibawa dari Alexandria menuju El-Arish, dan hari ini sekitar pukul 10.00 akan kita kirim melalui pintu Rafah ini," kata Ir Faride Thalib, staf logisitik MER-C Indonesia kepada ANTARA, Selasa.

Dalam misi bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestinya, sumbangan ambulan yang berasal dari pemerintah Indonesia--selain obat-obatan dan uang tunai-- satu mobil, MER-C Indonesia tiga mobil dan dari Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dua mobil. Namun, sebuah mobil MER-C yang lain dan ambulan dari pemerintah dan BSMI, kemungkinan baru bisa dikirim akhir pekan ini atau pekan depan.

Faried Thalib menjelaskan bahwa dua ambulan itu akan masuk dengan tiga ambulan dari negara lain, diantaranya Qatar. "Nanti mobil ambulan ini akan dikirimkan dalam iring-iringan dari Rafah langsung menuju Rumah Sakit (RS) As-Shifa," katanya.

Ia juga mengatakan telah tersambung langsung melalui hubungan telepon dengan empat relawan MER-C lainnya yang sudah berada di RS As-Shifa Kota Gaza, dan mereka melaporkan telah menjalankan tugas membantu para korban di RS itu.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009