Lebih aman dapatkan kebutuhan dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit

Lebih aman dapatkan kebutuhan dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit

Ilustrasi fintech (Shutterstock) (/)

Jakarta (ANTARA) -- Akhir-akhir ini, produk keuangan digital berupa cicilan tanpa kartu kredit tengah banyak dilirik oleh masyarakat. Bukan karena sedang dilanda masalah keuangan yang mendesak, ketertarikan masyarakat untuk menggunakan layanan ini disinyalir karena beragam keuntungan yang ditawarkannya. 

Selain itu, agar bisa menjadi pengguna layanan keuangan tersebut, Anda tidak diharuskan untuk melalui berbagai proses pengajuan yang panjang dan menyulitkan. Berbeda dengan saat mengajukan kartu kredit yang memerlukan rangkaian proses panjang, mulai dari pengecekan data pribadi, skor kredit, dan lain sebagainya. 

Banyak perusahaan fintech yang menawarkan layanan pinjaman online terpercaya juga turut menawarkan cicilan tanpa kartu kredit. Perbedaanya, cicilan tanpa kartu kredit bisa langsung digunakan langsung untuk belanja barang yang diinginkan. Sedangkan pinjaman online secara umum berbentuk uang tunai yang langsung ditransfer ke rekening penerima. 

Di sisi lain, agar bisa menjadi nasabah cicilan tanpa kartu kredit, Anda hanya perlu memenuhi sejumlah syarat umum, seperti melampirkan dokumen data pribadi. Tidak butuh waktu lama, pengajuan cicilan tanpa kartu kredit akan segera diverifikasi dan Anda dapat langsung memanfaatkan layanan tersebut untuk berbagai keperluan. 

Memanfaatkan layanan pinjaman atau cicilan tanpa kartu kredit memang dapat memberikan segudang benefit bagi keuangan. Tidak hanya itu, di situasi mendesak, layanan ini juga dapat menjadi solusi masalah keuangan yang pelik. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai layanan cicilan tanpa kartu kredit ini, simak ulasannya berikut ini. 

1. Alasan Cicilan Tanpa Kartu Kredit Layak Dipilih 

Cicilan tanpa kartu kredit bisa dibilang sebagai produk keuangan digital yang serba guna. Bagaimana tidak, Anda dapat dengan bebas memanfaatkan produk keuangan ini untuk segala kebutuhan, mulai dari mendapatkan barang dengan cepat, maupun untuk sekadar memenuhi kebutuhan konsumtif lainnya. 

Layanan ini juga dapat menjadi jalan keluar bagi Anda yang selama ini kesulitan mengajukan kartu kredit, namun ingin mendapatkan manfaat keuangan yang setara. Jadi, setiap kali berbelanja produk apapun, pengeluaran tidak akan sampai terbebani karena tagihan belanja bisa dibayar dengan cara mencicil. 

Tidak hanya itu, jika sewaktu-waktu merasa suntuk dengan beban pekerjaan dan ingin berlibur untuk refreshing, Anda dapat membayar segala pengeluaran wisata dengan layanan ini. Jadi, cukup praktis, bukan? 

2. Segelintir Risiko Cicilan Tanpa Kartu Kredit yang Patut Diwaspadai 

Layanan cicilan tanpa kartu kredit memang dapat menjadi solusi yang serba bisa atasi berbagai jenis masalah finansial. Selain itu, proses pengajuan yang mudah dan simpel membuat tak sedikit orang tertarik untuk memanfaatkan produk keuangan digital ini. 

Namun, bukan berarti Anda dapat dengan sembarangan menggunakan cicilan tanpa kartu kredit dan mengabaikan risiko yang dimilikinya. 
Perlu dipahami layaknya pinjaman online, tingkat suku bunga dari layanan ini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan produk keuangan serupa, seperti kartu kredit. Tenor pinjamannya pun tidak bisa diajukan dengan waktu yang panjang. Kebanyakan layanan jenis ini hanya memberikan tenor selama tidak lebih dari 12 bulan. 

Jika tidak bijak menggunakannya, bukan tidak mungkin beban cicilannya akan menjadi terlalu berat bagi keuangan Anda. Jadi, pastikan untuk selalu bijak menggunakan cicilan tanpa kartu kredit ini dan disiplin membayar tagihannya tepat waktu agar tidak menjadi beban utang berkepanjangan. 

3. Cara Menjadi Pengguna Cicilan Tanpa Kartu Kredit 

Melalui aplikasi di smartphone ataupun situs di komputer, Anda bisa menemui banyak sekali penyedia layanan cicilan tanpa kartu kredit ini. Masing-masing tentu menawarkan berbagai kelebihan dan keuntungan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan Anda kala berbelanja. 

Hanya saja, tetap waspada akan risiko layanan ilegal yang dapat menjebak Anda. Selalu cek dan ricek kredibilitas dan legalitas layanan cicilan tanpa kartu kredit yang akan Anda ajukan agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Yang pasti, lihat apakah perusahaan fintech penyedia layanan tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan memiliki banyak feedback positif dari para nasabahnya terdahulu. Kemudian, lihat segala kelebihan yang ditawarkan dan pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jika seluruh poin tersebut Anda temukan, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan cicilan tanpa kartu kredit pada layanan tersebut. 

Sebaliknya, jika layanan cicilan tanpa kartu kredit terkesan mencurigakan dan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan ragu untuk mengabaikannya agar tidak terjebak ke masalah keuangan lain yang lebih serius di masa mendatang. 

Cicilan Tanpa Kartu Kredit Sejatinya Membuat Hidup Lebih Mudah, Bukan Sebaliknya 
Cicilan tanpa kartu kredit sejatinya diajukan agar membuat hidup menjadi lebih mudah dengan beragam keuntungan yang ditawarkan oleh layanan tersebut. Jika yang terjadi malah sebaliknya, berarti ada yang salah dengan cara Anda memanfaatkan layanan tersebut. Oleh karena itu, selalu bijak dalam menggunakan cicilan tanpa kartu kredit dan disiplin membayar tagihannya tepat waktu agar terhindar dari kewajiban membayar denda keterlambatan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cara OJK agar masyarakat tak terjebak investasi dan pinjaman ilegal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar