Tentunya ini sangat membutuhkan konsentrasi, stamina yang prima, daya juang tinggi dan pantang menyerah
Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bulu tangkis Indonesia kembali melanjutkan perjuangan dalam laga penutup leg Asia yaitu BWF World Tour Finals 2020 dan mengincar dua gelar dari empat sektor yang diikuti.

Sembilan wakil Indonesia di empat sektor akan bertarung untuk memperebutkan gelar juara, mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran).

Berbicara peluang, Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky menyatakan Indonesia diharapkan bisa merebut dua gelar juara dari empat sektor.

Baca juga: BWF rilis drawing resmi World Tour Finals 2020

Namun hal tersebut ditentukan oleh bagaimana kondisi dan semangat juang si atlet, katanya melalui keterangan resmi PBSI, Selasa.

"Untuk target di World Tour Finals, harapannya ada dua gelar juara dari empat sektor. Tergantung bagaimana kondisi dan daya juang atletnya. Untuk lolos ke babak semifinal, setiap atlet harus bermain tiga kali di penyisihan grup. Apalagi lawan yang dihadapi adalah pemain terbaik," tutur Rionny.

"Tentunya ini sangat membutuhkan konsentrasi, stamina yang prima, daya juang tinggi dan pantang menyerah. Jika pemain Indonesia sudah lolos ke semifinal, baru kita bisa memprediksi dari sektor mana yang berpeluang merebut gelar juara," ujarnya menambahkan.

Melihat hasil undian pemain yang dilakukan hari Selasa, Ginting berada di grup A yang diisi oleh pebulu tangkis unggulan seperti Viktor Axelsen (Denmark), Chou Tien Chen (Chinese Taipei), dan Lee Zii Jia (Malaysia).

Baca juga: Indonesia loloskan lima wakil ke BWF World Tour Finals 2020

Perjuangan sengit juga harus dihadapi oleh Praveen/Melati di Grup A ganda campuran, yang bergabung bersama Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand), yang juga menjuarai dua turnamen sebelumnya. Terdapat juga lawan yang tidak bisa diremehkan, yaitu Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) dan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (Korea Selatan).

Pada sektor ganda putra, Ahsan/Hendra berada di grup B. Pasangan andalan Merah Putih ini akan berhadapan dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia), dan Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae (Korea Selatan).

Harapan untuk meraih gelar juara terbuka bagi Greysia/Apriyani. Juara Thailand Open seri pertama ini berada di grup A bersama Lee So Hee/Shin Seung Chan (Korea Selatan), Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia), dan Vivian Hoo/Yap Cheng Wen (Malaysia).

Baca juga: Juara seri pertama dominasi podium Thailand Open kedua

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021