Menag yakini kapasitas Kapolri baru jamin toleransi beragama

Menag yakini kapasitas Kapolri baru jamin toleransi beragama

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri Rapat Kerja dengan DPR di Jakarta, Selasa (19/1/2021). ANTARA/Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meyakini kapasitas menjaga toleransi umat beragama dari Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dilantik menjadi Kapolri baru menggantikan Jenderal Idham Azis yang telah purnatugas.

"Kami sangat berharap Pak Listyo Sigit bisa bersama-sama dengan kita semua mewujudkan toleransi beragama agar terus kokoh," kata Gus Yaqut kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Menag mengatakan komitmen tinggi dari Jenderal Listyo memberikan dampak positif terhadap umat beragama di Indonesia. Kendati terdapat satu dua kasus perselisihan tetapi secara umum kerukunan di Indonesia sudah terbukti berjalan dengan baik.

Baca juga: MPR harapkan Kapolri fokus wujudkan keadilan hukum

Kementerian Agama, kata dia, siap meningkatkan kerja sama dengan kepolisian terutama dalam rangka memberikan perlindungan keamanan agar umat bisa menjalankan kegiatannya dengan tenang dan khusyuk.

Ia berharap tekad dan komitmen Jenderal Listyo Sigit yang akan membawa perubahan lembaga kepolisian seperti dengan kerja-kerja yang presisi, transparan dan berkeadilan memberikan harapan baru bagi masyarakat.

Menag yakin semangat itu bisa diwujudkan segera dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada di tubuh kepolisian.

Menteri mengatakan, di antara persoalan agama yang muncul beberapa waktu terakhir adalah perusakan tempat ibadah, penyerangan tokoh agama, penistaan agama dan pelarangan umat dalam beribadah.

Potensi terulangnya kasus serupa di masa mendatang, kata dia, masih terbuka terjadi jika tak ada langkah antisipasi yang baik.

Baca juga: DPR dukung Kapolri kedepankan tilang elektronik
Baca juga: Kapolri silaturahmi ke PBNU

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menag sebut moderasi beragama penting ditanamkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar