BST merupakan bantuan yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia dengan nominal sebesar Rp300.000 per KPM per bulan
Solo (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Mensos Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah, Jumat, dengan agenda antara lain memantau penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kota Surakarta.

Kedua menteri mendatangi beberapa lokasi pembagian BST di Kota Surakarta di antaranya di Kelurahan/Kecamatan Jebres dan Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan. Mereka disambut Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo

Menko PMK dan Mensos di Kelurahan Jebres Solo, menyerahkan bantuan sosial yang terdiri atas BST, Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta Program Keluarga Harapan (PKH) secara simbolis kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta sertifikat kepada KPM yang melakukan graduasi PKH secara mandiri.

Baca juga: Mensos kucurkan Rp1,8 miliar bantu korban banjir-longsor di Manado

Selain itu, Menko PMK danMensos yang didampingi Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos melakukan dialog bersama KPM mengenai bantuan yang mereka dapatkan dilanjutkan dengan menyaksikan simulasi proses penyaluran BST oleh PT Pos Indonesia.

Menurut Dirjen PFM Kemensos Asep Sasa Purnama, program Sembako/BPNT merupakan bantuan yang disalurkan melalui bank-bank pemerintah yakni BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN dengan nominal sebesar Rp200.000 per KPM per bulan.

Untuk Kota Surakarta, setiap bulan Program Sembako/BPNT tersalur bagi 33.950 KPM yang terdata pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jumlah KPM di Kecamatan Jebres, program Sembako/BPNT sebanyak 9.380 KPM dan untuk kelurahan Jebres sebanyak 1.875 KPM.

Baca juga: Mensos pastikan respons cepat penanganan dampak bencana

Sedangkan BST merupakan bantuan yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia dengan nominal sebesar Rp300.000 per KPM per bulan yang diberikan selama empat bulan, mulai dari Januari hingga April 2021. Untuk Kota Surakarta, jumlah KPM BST sebanyak 60.511 KPM yang tersebar pada lima kecamatan.

Jumlah KPM BST di Kecamatan Jebres, sebanyak 15.554 KPM dan untuk Kelurahan Jebres sebanyak 3.552 KPM.

Kedua menteri kemudian meninjau e-Warong KUBe Gulon, Jalan Gulon RT 01 RW 21, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres untuk menyaksikan penyaluran Program Sembako/BPNT. Mensos dan Menko PMK menyaksikan langsung penyaluran Program Sembako/BPNT, juga menyempatkan diri berdialog dengan KPM yang melakukan pencairan bantuan tersebut. 

Baca juga: Mensos antar 15 pemulung bekerja di PT Waskita Karya

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021