120 anggota Polda Jatim jalani donor plasma konvalesen

120 anggota Polda Jatim jalani donor plasma konvalesen

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta (tengah) saat memantau pelaksanaan donor plasma konvalesen anggota kepolisian di PMI Kota Surabaya, Jumat (5/2/2021) ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim

Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 120 anggota Kepolisian Daerah Jawa Timur yang merupakan penyintas COVID-19 menjalani donor plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, Jumat.

"Dari sebanyak 657 anggota yang melakukan screening, terpilih 120 anggota untuk menjalani donor plasma konvalesen," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat memantau pelaksanaan donor plasma konvalesen.

Baca juga: Gerakan Wani Donor Plasma Konvalesen dibentuk di Surabaya

Plasma konvalesen adalah strategi imunisasi pasif yang telah digunakan dalam pencegahan dan pengelolaan penyakit menular sejak awal abad ke-20, dan memperolehnya menggunakan apheresis pada pasien COVID-19 yang telah pulih.

Donor plasma konvalesen, kata Kapolda, dilakukan anggota Polda Jatim karena saat ini permintaan di Indonesia, khususnya Jatim meningkat.

Baca juga: Karyawan Pertamina Jatimbalinus donorkan plasma konvalesen

Perwira tinggi Polri bintang dua itu mengimbau bagi masyarakat Jatim berusia 18 hingga 60 tahun yang telah sembuh dari COVID-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen di PMI di kabupaten/kota.

"Bagi masyarakat yang telah sembuh dari COVID-19 silakan datang ke PMI yang ada di kabupaten/kota. Sementara untuk anggota Polri dapat mendaftar ke Biddokkes Polda Jatim. Syukur apabila darahnya bisa diperlukan untuk masyarakat lain yang terpapar COVID-19," ucap dia.

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi banjir pemesan plasma konvalesen

Pada kesempatan itu, Irjen Nico mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Harapannya dengan kita disiplin melakukan prokes secara otomatis, keluarga kita aman, lingkungan sekeliling, dan tentunya Jawa Timur juga semakin aman dan sehat," katanya.

Sementara itu, Humas UTD PMI Kota Surabaya Triksi Hendria mengungkapkan pihaknya telah melakukan donor plasma konvalesen sejak Juni 2020 silam.

Namun kenaikan pendonor mulai terpantau sejak Wakil Presiden Ma'ruf Amin mencanangkan gerakan nasional donor plasma konvalesen pada 18 Januari 2021.

"Untuk anggota Polri dari Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim, sebelumnya sudah ada yang melakukan donor tapi hanya sebagian saja," tutur mantan Kapolda Kalimantan Selatan tersebut.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar