Latsitarda Nusantara XLI/2021 akan digelar di Kepulauan Nias

Latsitarda Nusantara XLI/2021 akan digelar di Kepulauan Nias

Suasana rapat persiapan pelaksanaan Latsitarda Nusantara XLI/2021, di Gunung Sitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara, Senin. ANTARA/Irwanto.

Nias (ANTARA) - Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLI/2021 akan dilaksanakan di Kepulauan Nias, Sumatera Utara, dengan sejumlah kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik.

Komandan Kodim 0213/Nias, Letnan Kolonel Infantri TP Lobuan Simbolon, di Gunung Sitoli, Senin, mengatakan, kegiatan fisik yang dilakukan pada kegiatan Latsitarda Nusantara XLI/2021 meliputi kegiatan pengerasan badan jalan dan rehabilitasi rumah tidak layak huni.

Sedangkan sasaran kegiatan non fisik pada pelaksanaan Latsitarda Nusantara XLI/2021 meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara, pertanian dan bahaya narkoba.

Baca juga: Peserta Latsitarda Akmil dapat pembekalan pencegahan COVID-19

"Untuk mematangkan persiapan kami sudah menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak, di antaranya komandan Pangkalan TNI AL Nias, dan wakil-wakil kepala Polres Nias dan Polres Nias Selatan, pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias, dan pemerintah Kota Gunung Sitoli," katanya.

Ia belum bisa menyebut jadwal pasti pelaksanaan Latsitarda Nusantara XLI/2021 di Kepulauan Nias itu karena masih menunggu informasi selanjutnya dari pusat.

Baca juga: 270 taruna lintasmatra gelar latihan integrasi di Trenggalek

"Rencananya para peserta dibagi dua. 120 peserta ditempatkan di Gunungsitoli dan 120 peserta lain ditempatkan di Kabupaten Nias Selatan," katanya.

Ia berharap pemerintah daerah setempat dimana para peserta ditempatkan, menetapkan lokasi atau daerah pelaksanaan kegiatan fisik maupun non fisik agar kegiatan lancar sesuai yang diharapkan. "Tentu kesuksesan kegiatan itu sangat membutuhkan kerja sama semua pihak," katanya.

Baca juga: Wakapolri tutup Latsitarda Nusantara XXXVII

Pewarta: Juraidi dan Irwanto
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Nias Selatan fokus bangun SDM untuk layani wisatawan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar