Kami mengejar agar penyaluran bantuan pangan beras di Nias selesai Oktober. Untuk stok beras semua siap
Medan (ANTARA) - Perum Bulog Kantor Wilayah Sumatera Utara (Sumut) sudah mendistribusikan sebanyak 801,780 ton beras bantuan pangan pemerintah kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Kepulauan Nias.

"Dari lima kabupaten dan kota di sana, baru Kota Gunungsitoli yang pendistribusiannya sudah 100 persen," kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu di Medan, Rabu.

Dia menjelaskan, penyaluran bantuan pangan beras di Kepulauan Nias itu mendapatkan perhatian lebih karena dilakukan secara khusus, berbeda dengan wilayah lainnya di Sumut.

Menurut Arif Mandu, di kawasan tersebut pemberian bantuan beras pemerintah disalurkan untuk tiga tahap sekaligus, yang merupakan total jatah untuk tiga bulan, yakni September, Oktober, dan November 2023.

Hal itu dilakukan karena mempertimbangkan situasi geografis Kepulauan Nias yang terdiri atas daerah perbukitan, perairan, dan pulau-pulau.

Artinya, setiap keluarga penerima manfaat di Kepulauan Nias langsung mendapatkan 30 kilogram beras bantuan dalam sekali pembagian. Sementara di daerah lain, setiap KPM hanya memperoleh 10 kilogram beras bantuan per bulan.

"Kami mengejar agar penyaluran bantuan pangan beras di Nias selesai Oktober. Untuk stok beras semua siap. Penyaluran di sana dilakukan PT Pos Indonesia," kata Arif.

Berdasarkan catatan Perum Bulog Sumut, sampai dengan 11 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB, total 801,78 ton beras yang telah disalurkan ke tiga kabupaten dan kota di Kepulauan Nias, yakni Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, serta Kabupaten Nias Barat.

Bantuan beras untuk Kabupaten Gunungsitoli, total 371,850 ton sudah diserahkan kepada 100 persen KPM di sana. Kemudian di Kabupaten Nias disalurkan 270,510 ton (58 persen dari keseluruhan), dan di Kabupaten Nias Barat baru tercapai 159,420 ton (48 persen).

Sementara pendistribusian bantuan beras di dua kabupaten lain di Kepulauan Nias, yaitu di Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias Selatan akan menyusul.

Arif Mandu juga menjelaskan, secara total di Sumut pada periode yang sama pembagian bantuan beras untuk bulan September 2023 telah mencapai 93,54 persen, Oktober 64,22 persen, dan November (yang hanya dibagikan di Kepulauan Nias) 3,07 persen.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023