Tenaga kesehatan lanjut usia di Jawa Timur mulai divaksin COVID-19

Tenaga kesehatan lanjut usia di Jawa Timur mulai divaksin COVID-19

Arsip Foto. Petugas menyuntikkan vaksin COVID-19 produksi Sinovac pada tenaga kesehatan berusia lanjut dalam kegiatan vaksinasi massal di Rumah Sakit Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Senin (8/2/2021). (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Surabaya (ANTARA) - Tenaga kesehatan lanjut usia di Jawa Timur mulai mendapat suntikan vaksin COVID-19 pada Senin, setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 buatan Sinovac untuk penduduk berusia di atas 60 tahun.

"Per hari ini sudah ada tenaga kesehatan lanjut usia yang sudah divaksin sebagai salah satu upaya pengendalian COVID-19," kata Anggota Satuan Tugas Kuratif Tim Penanganan dan Pengendalian COVID-19 Jawa Timur Makhyan Jibril Al Farabi ketika dimintai konfirmasi di Surabaya, Senin.

Vaksinasi tenaga kesehatan berusia lanjut antara lain mulai dilakukan di Rumah Sakit Islam Jemersari Surabaya.

Menurut data Satuan Tugas, ada 1.583 tenaga kesehatan berusia lanjut yang bisa mendapat vaksinasi COVID-19 di Jawa Timur.

Jibril mengatakan, pemberian vaksin mulai dilakukan pada tenaga kesehatan lanjut usia yang namanya sudah terdaftar di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengatakan bahwa vaksinasi untuk warga lanjut usia dengan prioritas tenaga kesehatan dimulai pada Senin (8/2) pukul 09.00 WIB.

Ia mengatakan, tenaga kesehatan dan warga lanjut usia merupakan kelompok yang rentan tertular COVID-19, karenanya diprioritaskan dalam pelaksanaan vaksinasi.

Menurut Budi, jumlah tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun di seluruh Indonesia sekitar 11.600 orang.

Baca juga:
2,5 juta warga lansia jadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Jawa Timur
Gubernur Jawa Timur dorong percepatan vaksinasi tenaga kesehatan

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar